Selasa 09 Jul 2024 16:14 WIB

8 Tempat yang Wajib Dikunjungi Jamaah Haji dan Umroh di Kota Nabawi

Selain Masjid Nabawi, ada makam Rasulullah yang menjadi destinasi utama.

Red: Karta Raharja Ucu
Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi
Foto:

5. Masjid Quba

Mau mendapatkan pahala setara umrah, kamu bisa mendatangi Masjid Quba yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Masjid Nabawi. Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun Rasulullah ketika sampai ke Kota Madinah. Rasulullah berkata yang berwudhu dari rumah dan pergi Masjid Quba lalu sholat dua rakaat mendapatkan pahala setara umrah. Dulu Rasulullah sering ke Masjid Quba pada hari Sabtu.

6. Jabal Uhud

Mau merasakan getaran perjuangan Rasulullah dan para sahabat melawan kafir Quraisy? Cobalah mengunjungi Jabal Uhud. Di jabal atau gunung ini, Rasulullah berdarah karena dihantam pasukan musuh. Di wilayah ini pula dikuburkan paman tercinta Rasulullah, Hamzah bin Abdul Mutthalib yang gugur dalam Perang Uhud.

7. Masjid Qiblatain

Dari beberapa masjid yang berada di Kota Madinah, Masjid Qiblatain bisa menjadi pilihan utama untuk dikunjungi. Masjid ini menjadi saksi sejarah perubahan arah kiblat dari Masjidil Aqsha di Palestina ke Kakbah di Masjidil Haram Makkah.

8. Pabrik Percetakan Alquran

Tempat yang juga bisa dikunjungi di Kota Madinah adalah Pabrik Percetakan Alquran terbesar sedunia. Di sana pengunjung akan melihat bagaimana Alquran yang didistribusikan ke seluruh Arab Saudi dibuat.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement