Selasa 09 Jul 2024 19:40 WIB

Foto Lionel Messi Muda dengan Lamine Yamal Bayi Viral

Yamal kini mengikuti jejak Messi untuk jadi bintang hebat di Barcelona.

Red: Israr Itah
Lionel Messi muda (kiri) saat berfoto dengan Lamine Yamal (kanan) dalam acara amal pemotretan kalender di Camp Nou, Barcelona pada 2007 silam. Yamal kini menjadi pemain andalan Spanyol dalam usia belum genap 17 tahun.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Lionel Messi muda (kiri) saat berfoto dengan Lamine Yamal (kanan) dalam acara amal pemotretan kalender di Camp Nou, Barcelona pada 2007 silam. Yamal kini menjadi pemain andalan Spanyol dalam usia belum genap 17 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Ketika Joan Monfort mengambil foto Lionel Messi bersama bayi untuk kalender amal hampir 17 tahun yang lalu, ia tahu pemuda berambut panjang itu akan sukses di sepak bola. Namun, Monfort tidak dapat membayangkan bayi laki-laki itu juga kemudian menapaki langkah sukses Messi.

Bayi dalam foto-foto itu — yang telah menjadi viral — tidak lain adalah Lamine Yamal. Bocah ajaib Spanyol itu baru berusia 16 tahun, tapi sudah menunjukkan bakat luar biasa sehingga menembus skuad La Roja dan telah dibandingkan dengan para pemain hebat. Ia menjadi pemain termuda yang pernah membela Spanyol sekaligus pemain termuda sepanjang masa di Piala Eropa yang sedang berlangsung di Jerman.

Baca Juga

Salah satu foto yang telah lama terlupakan dari tahun 2007 muncul kembali setelah ayah Yamal mengunggahnya di Instagram pekan lalu dengan teks "awal dari dua legenda."

Monfort, 56, yang bekerja sebagai fotografer lepas untuk Associated Press dan sejumlah media lainnya, mengatakan pemotretan itu dilakukan di ruang ganti pengunjung di Camp Nou Barcelona pada musim gugur 2007, saat Yamal baru berusia beberapa bulan.

Para pemain Barcelona berpose dengan anak-anak dan keluarga mereka untuk kalender sebagai bagian dari kegiatan amal tahunan oleh surat kabar lokal Diario Sport dan UNICEF. Monfort bertanggung jawab atas pemotretan itu, dan kebetulan saja Messi dipasangkan dengan keluarga Yamal. Ibunya, yang berasal dari Guinea Ekuatorial, berada di samping Messi dan bayinya di salah satu foto.

"Kami membuat kalender itu dengan bantuan UNICEF. Jadi UNICEF mengadakan undian di lingkungan Roca Fonda di Mataro tempat keluarga Lamine tinggal. Mereka mendaftar untuk undian itu agar dapat berfoto di Camp Nou bersama pemain Barca dan mereka memenangkan undian itu," kata Monfort.

Itu bukan tugas yang mudah, kenangnya, terutama karena Messi tidak yakin bagaimana cara berinteraksi dengan bayi Lamine, yang berada di bak plastik untuk pemotretan.

"Messi adalah pria yang cukup tertutup, dia pemalu," kata Monfort. "Dia keluar dari ruang ganti dan tiba-tiba dia menemukan dirinya di ruang ganti lain dengan bak plastik berisi air dan bayi di dalamnya. Itu rumit. Dia bahkan tidak tahu bagaimana cara menggendong bayinya pada awalnya."

Messi berusia 20 tahun saat itu dan sudah dianggap sebagai talenta besar. Namun butuh beberapa tahun lagi sebelum dia menorehkan prestasi sebagai pemain paling menonjol di generasinya untuk Barcelona dan Argentina.

Seperti Messi, Yamal telah menempuh pendidikan di akademi muda La Masia yang terkenal di Barcelona. Meskipun usianya masih remaja, Yamal telah menjadi salah satu pemain terbaik Spanyol di Euro 2024, di mana timnya akan melawan Prancis di semifinal pada Rabu (10/7/2024) dini hari nanti. Yamal akan berusia 17 tahun pada Sabtu, 13 Juli mendatang.

Sementara Messi akan membela Argentina melawan Kanada pada semifinal Copa America 2024, lima jam setelah kick-off laga Spanyol vs Prancis.

Monfort, 56, tidak tahu kalau foto-foto tahun 2007 itu adalah Yamal sampai seorang teman mengiriminya pesan saat foto-foto itu mulai menjadi viral di media sosial.

Dia telah lama berkarier sebagai fotografer olahraga sejak 1991, mengikuti Barcelona di seluruh dunia, tetapi mengatakan dia tidak pernah segembira ini atas foto-fotonya.

"Sangat menyenangkan bisa dikaitkan dengan sesuatu yang telah menimbulkan sensasi seperti itu," katanya. "Sejujurnya, ini perasaan yang sangat menyenangkan."

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement