Rabu 10 Jul 2024 10:44 WIB

Kemunafikan Zionis, Bombardir Gaza Saat Perundingan Gencatan Senjata

Israel kembali bombardir sekolah penuh pengungsi di Gaza.

Red: Fitriyan Zamzami
Seorang pria Palestina memegang jenazah anak yang syahid dalam pemboman Israel di Jalur Gaza, di kamar mayat rumah sakit di Deir al-Balah, Selasa, 9 Juli 2024.
Foto:

Dalam serangan Israel terkini, puluhan warga Palestina syahid dalam serangan Israel yang menghantam sebuah sekolah yang menampung keluarga-keluarga di kota Khan Younis, Gaza selatan pada Selasa malam. Ini adalah kali keempat pasukan penjajahan Israel (IDF) mengebom sekolah yang dijadikan tempat mengungsi warga Gaza.

Aljazirah mengutip sumber medis lokal mengatakan jet tempur Israel menargetkan pintu masuk sekolah al-Awda di kota Abasan al-Kabira, sebelah timur Khan Younis. Beberapa orang lainnya juga terluka.

Kantor Media Pemerintah Gaza mengatakan setidaknya 29 warga Palestina syahid dalam serangan itu, sebagian besar perempuan dan anak-anak. “Pembantaian terbaru terjadi setelah tentara pendudukan menyerang enam kamp pengungsian lainnya di wilayah tengah Gaza, sehingga menambah total korban jiawa menjadi setidaknya 60 orang dalam beberapa jam terakhir,” kata kantor media dalam sebuah pernyataan. Serangan itu juga terjadi ketika sektor layanan kesehatan di Gaza terus runtuh karena pasukan Israel memaksa beberapa rumah sakit untuk menghentikan layanannya, tambahnya.

Pasukan Israel mengusir orang-orang di Rafah ketika invasi darat dimulai di sana, mereka meminta mereka pindah ke Khan Younis. Dan sebagian besar dari orang-orang ini dievakuasi ke tempat penampungan, seperti tempat penampungan PBB dan sekolah.

Jadi terutama menjelang malam hari, orang-orang Palestina yang berada di tempat penampungan, di sekolah-sekolah PBB mulai bergerak, membereskan semua barang-barang mereka di siang hari karena mereka tidak bergerak pada malam hari. Sangat jelas bahwa jumlah korban akan meningkat karena ini adalah pintu masuk – dimana semua orang bergerak, anak-anak bermain-main.

photo
Seorang pria Palestina memegang jenazah anak yang syahid dalam pemboman Israel di Jalur Gaza, di kamar mayat rumah sakit di Deir al-Balah, Selasa, 9 Juli 2024. - ( AP Photo/Abdel Kareem Hana)

Ini serangan keempat Israel dalam empat hari belakangan yang menargetkan sekolah yang dijadikan pengungsian. Pada Sabtu, serangan Israel menghantam sekolah al-Jawni yang dikelola PBB di Nuseirat, Gaza tengah, menewaskan 16 orang, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut. Badan PBB untuk Pengungsi Palestina, UNRWA, mengatakan ada 2.000 orang yang berlindung di sana saat itu.

Keesokan harinya, serangan terhadap sekolah Keluarga Kudus yang dikelola gereja di Kota Gaza menewaskan empat orang, menurut badan pertahanan sipil. Patriarkat Latin, pemilik sekolah tersebut, mengatakan ratusan orang memadati halaman tersebut.

Sekolah lain yang dikelola UNRWA di Nuseirat juga diserang pada Senin, dan rumah sakit setempat mengatakan beberapa orang telah dibawa untuk mendapatkan perawatan. Menurut UNRWA, lebih dari 500 orang telah syahid di sekolah-sekolah dan tempat penampungan lain yang dikelolanya di Gaza sejak perang dimulai pada 7 Oktober.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement