Kamis 11 Jul 2024 18:20 WIB

Southgate Nilai Inggris Bermain Lebih Modern Saat Kalahkan Belanda di Semifinal Euro 2024

Southgate bertekad membawa Inggris juara Euro 2024.

Red: Israr Itah
Ekspresi kebahagiaan pelatih Inggris Gareth Southgate setelah timnya mengalahkan Belanda 2-1 untuk lolos ke final Euro 2024.
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Ekspresi kebahagiaan pelatih Inggris Gareth Southgate setelah timnya mengalahkan Belanda 2-1 untuk lolos ke final Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate mengatakan negaranya menampilkan permainan modern saat menumbangkan Belanda pada semifinal Euro 2024 Jerman dengan skor 2-1 di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Xavi Simons dengan tendangan briliannya membuka keunggulan untuk Belanda pada menit ketujuh sebelum disamakan oleh penalti Harry Kane pada menit ke-18.

Baca Juga

Laga hampir dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Namun, pergantian yang dilakukan Southgate dengan memasukkan Ollie Watkins pada menit-menit akhir membuat The Three Lions menyelesaikan laga dengan waktu normal setelah striker Aston Villa itu menjadi penentu kemenangan pada menit ke-90.

Southgate mengaku sangat senang dengan kualitas permainan timnya. Ia merasa, anda pernah melakukannya pada masa lalu, pastilah sudah sangat lama sekali the Three Lions menguasai 60 persen penguasaan bola atas Belanda.

"Jadi, ini menunjukkan Inggris yang lebih modern," kata Southgate.

Southgate mendapat banyak kritik setelah timnya membutuhkan gol penyeimbang pada akhir pertandingan melawan Slovakia dan Swiss untuk mencapai empat besar.

Namun dalam empat turnamen besar yang dipimpinnya, Southgate kini telah membawa negaranya mencapai dua final, yakni Euro 2020 dan Euro 2024 dan satu semifinal Piala Dunia 2018 dan satu perempat final Piala Dunia 2022.

Saat ini, ia ingin menebus kekalahannya di final Euro 2020 melalui adu penalti dari Italia di Wembley tiga tahun lalu.

“Satu-satunya alasan saya melakukan pekerjaan ini adalah untuk mencoba membawa kesuksesan bagi Inggris sebagai sebuah bangsa dan mencoba meningkatkan sepak bola Inggris,” katanya.

Southgate mengaku sangat bangga bisa membawa Inggris ke final pertama di luar negeri. Namun, ia tak mau hanya sampai di sana. Inggris, kata dia, ingin menang atas Spanyol.

"Kami menghadapi tim yang merupakan tim terbaik di turnamen ini dan kami memiliki waktu persiapan yang lebih sedikit, jadi ini tugas yang berat. Namun kami masih di sini dan kami sedang bertarung," tegasnya.

Inggris akan melawan tim yang selalu menang di Euro 2024 yaitu Spanyol di Olympiastadion pada Senin (15/7/2024) pukul 02.00 WIB.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement