Kamis 11 Jul 2024 19:33 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Hibahkan Aplikasi Sipandu-Imam untuk MTs Ittihaadul Umam

Aplikasi SIPANDU-IMAM merupakan hasil skripsi yang dibuat mahasiswa BSI.

Red: Friska Yolandha
Tiga mahasiswa dari Program studi Sistem Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Fatmawati telah menghibahkan website Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Sipandu-Imam) kepada MTs Ittihaadul Umam.
Foto: dok Republika
Tiga mahasiswa dari Program studi Sistem Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Fatmawati telah menghibahkan website Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Sipandu-Imam) kepada MTs Ittihaadul Umam.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Tiga mahasiswa dari Program studi Sistem Informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Fatmawati telah menghibahkan website Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Sipandu-Imam) kepada MTs Ittihaadul Umam. Acara serah terima aplikasi ini berlangsung pada Jumat, 28 Juni 2024 silam di aula MTs Ittihaadul Umam.

Aplikasi SIPANDU-IMAM merupakan hasil skripsi yang dibuat dengan dibawah naungan Achmad Baroqah Pohan sebagai dosen pembimbing. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses penerimaan peserta didik baru di MTs Ittihaadul Umam, serta membantu mempermudah pengelolaan data dan informasi terkait.

Baca Juga

Dalam acara serah terima ini, kelompok Alhazar dari Universitas BSI yang terdiri dari tiga anggota, yaitu Farida Hafsah, Alifah Restuningsih, dan Zahra As Syifa Awalia, hadir untuk mempresentasikan hasil skripsi mereka kepada tim PPDB MTs Ittihaadul Umam.

Ketua kelompok, Farida menjelaskan Website PPDB ini dikembangkan dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) untuk memastikan pengembangan yang cepat dan efektif.

"Dengan adanya sistem berbasis web ini, proses pendaftaran siswa baru di MTs Ittihaadul Umam menjadi lebih terintegrasi dan mudah diakses oleh calon peserta didik dan orang tua," jelas Farida dalam keterangan rilis, Kamis (11/7/2024).

Menanggapi hal ini, Kepala Sekolah MTs Ittihaadul Umam, Ahmad Yani MA menyampaikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi dan usaha yang dilakukan mahasiswa Universitas BSI dalam membuat dan merancang aplikasi Sipandu-Imam.

"Aplikasi ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi sekolah, khususnya bagi MTs Ittihaadul Umam yang belum memiliki website PPDB secara online," ungkap Ahmad.

Senada, Rahmad Firdaus selaku Kepala Kesiswaan menambahkan pihak sekolah berencana untuk mengadakan pertemuan dengan pantian PPDB untuk memberikan informasi sekaligus pelatihan terkait penggunaan aplikasi Sipandu-Imam.

"Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan proses penerimaan siswa baru untuk tahun ajaran berikutnya bisa berjalan dengan lebih lancar dan efisien menggunakan aplikasi Sipandu-Imam," ujar Rahmad.

Setelah serah terima tersebut, dilakukan proses penandatanganan berita acara serah terima website SIPANDU-IMAM oleh Farida Hafsah dan juga Kepala Kesiswaan. Pihak MTs Ittihaadul Umam menerima website SIPANDU-IMAM ini dengan rasa syukur dan akan memanfaatkannya serta menerapkannya dengan sebaik-baiknya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement