Ahad 14 Jul 2024 15:55 WIB

Expo Haji Umrah Dinilai Tingkatkan Ekonomi Lokal

Kehadiran expo tidak hanya memberikan manfaat bagi mereka yang hendak haji dan umroh.

Red: A.Syalaby Ichsan
Jamaah haji Indonesia tiba di Tanah Air
Foto: Republika
Jamaah haji Indonesia tiba di Tanah Air

REPUBLIKA.CO.ID,BANJARMASIN -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menyatakan Expo Haji, Umrah, dan Wisata Halal 2024 berpotensi meningkatkan perekonomian lokal. Ajang ini juga dinilai memberikan manfaat bagi masyarakat, pelaku jasa perjalanan maupun warga sebagai pengguna jasa.

“Saya berharap para peserta dan pengunjung expo dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk memperoleh informasi dan layanan yang dibutuhkan," ucap Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Provinsi Kalimantan Selatan Adi Santoso mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor saat membuka Expo di Kota Banjarmasin, Sabtu (13/7/2024).

Baca Juga

Adi menyebutkan kegiatan ini merupakan inisiatif yang positif dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di Kalsel yang dikenal sebagai daerah religius. Kehadiran expo ini, tambah Adi, tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah umroh dan haji tetapi juga berdampak positif bagi perekonomian daerah. Selain itu, kegiatan expo ini dinilai akan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta menciptakan lapangan kerja baru.

"Kami akan membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai pihak khususnya para pemangku kepentingan untuk memastikan layanan umroh haji dan wisata halal di daerah ini memiliki kualitas yang terbaik dan memenuhi standar internasional,” lanjutnya.

Adi menilai Kalsel memiliki potensi yang luar biasa dalam berbagai sektor termasuk sektor wisata religi, wisata halal seperti bisnis perjalanan haji atau umroh.

Sebagai daerah yang religius, ujar Adi, masyarakat Kalsel memiliki antusiasme yang tinggi terhadap kegiatan keagamaan seperti umrah, haji dan wisata halal serta wisata religi.

"Keberadaan expo ini tentunya menjadi wadah yang tepat untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan informasi, produk dan layanan terkait umroh haji serta wisata halal," tuturnya.

Pelaksanaan expo digelar selama tiga hari pada 12-14 Juli 2024, menghadirkan puluhan pelaku jasa perjalanan atau travel dan juga diselenggarakan atas kerja sama FK Patuh Kalsel, Kementerian Agama Kalsel dan BSI. 

Bukan itu saja, berbagai kegiatan juga turut memeriahkan pelaksanaan Expo 2024 itu, yang digelar untuk kedua kalinya.

Adapun kegiatan yang ikut memeriahkan expo tersebut di antaranya musik religi, bintang tamu utama, diskusi, bazar Muslim.

Kemudian ada juga, tabligh akbar, exhibition, promosi diskon, lomba pertunjukan fesyen Muslim TK-SD, lomba habsy, lomba nasyid, lomba mewarnai, lomba dai cilik, dan beauty class.

Lanjut Adi, melalui expo ini para pelaku industri pariwisata travel dan penyedia layanan halal dapat memperkenalkan produk dan layanan mereka kepada masyarakat luas.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, pemerintah daerah berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi perkembangan industri pariwisata halal yang ada di Kalsel," ujar dia.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement