Ahad 14 Jul 2024 11:36 WIB

Lamine Yamal, Pemain Muslim Spanyol yang Jadi Kebanggaan Rocafonda Jelang Final Euro 2024

Rocafonda adalah lingkungan imigran di dekat Barcelona tempat Yamal dibesarkan.

Red: Israr Itah
Gelandang Spanyol Lamine Yamal merayakan golnya ke gawang Prancis pada semifinal Euro 2024. Yamal mencetak rekor pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Gelandang Spanyol Lamine Yamal merayakan golnya ke gawang Prancis pada semifinal Euro 2024. Yamal mencetak rekor pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARO -- Tak banyak perhatian terhadap Rocafonda, lingkungan yang ditinggali ribuan imigran yang hijrah ke Spanyol, khususnya Katalunya. Menjadi bagian dari Kota Mataro, kota pesisir pantai berjarak 30 kilometer di timur laut Barcelona, Rocafonda dianggap sebagai kawasan kelas pekerja yang miskin.

Namun Rocafona kemudian jadi perhatian sepanjang Euro 2024 berlangsung. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah Lamine Yamal, penduduk asli Rocafonda yang menjadi bintang bersama timnas Spanyol. Remaja Muslim berusia 16 tahun ini akan berlaga pada partai final melawan Inggris di Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB untuk memperebutkan gelar juara.

Baca Juga

Di tempat Yamal dibesarkan itu, ada dua lapangan sepak bola yang dipisahkan oleh pagar rantai. Di sebelah lapangan hijau klub sepak bola setempat, ada lapangan beton.

Dulu, Yamal sering bermain dengan teman-temannya di lapangan beton itu, di mana anak laki-laki dan perempuan sekarang datang setiap hari untuk bermain sepak bola. Bola terbang melewati bingkai gawang tanpa jaring dan menghantam dinding yang bertuliskan nama lingkungan itu dengan huruf-huruf besar bergaya grafiti: Rocafonda.