Sabtu 20 Jul 2024 22:16 WIB

Pesawat Wings Air Rute Bali-Waingapu Batal Terbang, Ini Penampakan Kompensasi ke Penumpang

Penerbangan tersebut sudah kerap terlambat.

Red: Ahmad Fikri Noor
Petugas dari Lion Air Group menjelaskan adanya kendala dalam penerbangan Wings Air IW-1884 di Bandara Ngurah Rai, Bali pada Sabtu (20/7/2024).
Foto: Ahmad Fikri Noor/Republika
Petugas dari Lion Air Group menjelaskan adanya kendala dalam penerbangan Wings Air IW-1884 di Bandara Ngurah Rai, Bali pada Sabtu (20/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Penerbangan Wings Air IW-1884 rute Denpasar, Bali menuju Waingapu, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami batal terbang pada Sabtu (20/7/2024). Sebanyak 72 penumpang pesawat tersebut pun batal menuju Sumba Timur meski seharusnya terjadwal terbang pada pukul 14.40 WITA.

Setelah menunggu sekitar dua jam, pihak Wings Air di Bandara Ngurah Rai, Bali baru mengabari para penumpang untuk melapor ke meja pelayanan. Petugas Keberangkatan Pesawat Lion Air Group, I Gusti Pt Oka Adi Saputra menjelaskan, alasan pesawat terlambat karena terjadi kendala teknis. Selain itu, pesawat juga tidak bisa diterbangkan lantaran Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu hanya beroperasi hingga pukul 17.00 WITA.

Baca Juga

"Ada masalah teknis. (Tapi) kurang tahu karena apa," ujarnya di Bandara Ngurah Rai, Bali, Sabtu (20/7/2024).

Sebagai kompensasi atas peristiwa tersebut, pihak Lion Air Group memberikan penginapan kepada penumpang yang terdampak di Hotel Budhi, termasuk juga makan malam. Penumpang dijadwalkan akan terbang menuju Waingapu pada Ahad (21/7/2024) sekitar pukul 04.55 WITA.

Salah satu penumpang penerbangan tersebut, Nova mengungkapkan kekecewaannya. Menurutnya, kejadian itu membuat sejumlah agenda seperti pemesanan hotel dan kegiatan lain di Waingapu menjadi batal.

Dia juga menyayangkan Wings Air tak mengantisipasi adanya keterlambatan maupun kendala teknis yang berpotensi terjadi. Terlebih lagi karena Bandara di Waingapu memiliki keterbatasan waktu operasional.

"Tentu kecewa, apalagi kualitas hotelnya sangat kurang. Semoga penerbangan ke daerah seperti Sumba bisa diperbanyak supaya penumpang punya opsi lain," ungkapnya.

photo
Suasana kamar hotel yang diberikan oleh Lion Air Group sebagai kompensasi atas pembatalan penerbangan Wings Air IW-1884. - (Dok Istimewa)
 
photo
Suasana kamar hotel yang diberikan oleh Lion Air Group sebagai kompensasi atas pembatalan penerbangan Wings Air IW-1884. - (Dok Istimewa)

Sering terlambat

Kendala dalam penerbangan Wings Air IW-1884 rute Denpasar-Waingapu bukan sekali ini terjadi. Berdasarkan pantauan Republika dari situs pemantau penerbangan Flight Radar 24, penerbangan tersebut memang kerap terlambat.

Dalam sepekan terakhir, penerbangan tersebut bahkan tidak pernah mencatatkan ketepatan waktu sesuai jadwal atau on time.

photo
Riwayat penerbangan IW-1884 Wings Air rute Denpasar-Waingapu. - (Flight Radar 24/Tangkapan Layar)

Wings Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh penumpang akibat penundaan penerbangan rute Bali ke Waingapu tersebut. Corporate Communications Strategic of Lion Group Danang Mandala Prihantoro menyampaikan, penundaan ini disebabkan oleh alasan operasional.

"Wings Air telah mengoptimalkan layanan operasional di rute ini untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang. Sebagai bentuk tanggung jawab, Wings Air juga telah menjalankan kompensasi keterlambatan (delay management) sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Danang melalui keterangan tertulis, Sabtu (20/7/2024).

Penerbangan IW-1884 dijadwalkan ulang dan akan berangkat pada Ahad, 21 Juli 2024 dari Bali ke Waingapu pada pukul 04.55 WITA.

"Kami berterima kasih atas pengertian dan kesabaran para penumpang dalam situasi ini," ujarnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement