Ahad 21 Jul 2024 18:54 WIB

Siapakah Orang Ultra-Ortodoks Yahudi yang Menolak Wajib Militer Israel?

Kaum Yahudi ultra-Ortodoks Israel biasanya disebut sebagai Haredim.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Anak-anak sekolah Yahudi (ilustrasi)
Foto: Independent
Anak-anak sekolah Yahudi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,YERUSALEM -- Pekan ini, pemerintah Israel mengumumkan bahwa mulai hari Ahad (21/7/2024), mereka akan mulai merekrut pria Yahudi ultra-Ortodoks untuk pertama kalinya dalam 76 tahun sejarah negara tersebut.

Pernyataan itu muncul lebih dari sebulan setelah Mahkamah Agung Israel memutuskan dengan suara bulat bahwa militer akan mulai memasukkan orang-orang ultra-Ortodoks ke dalam tentara, mengubah pengaturan politik lama yang mengecualikan mereka dari wajib militer.

Baca Juga

Keputusan tersebut mengancam akan menimbulkan permusuhan dari sebagian besar masyarakat, yang berpendapat bahwa wajib militer mengancam cara hidup mereka.

Selain itu, perekrutan paksa orang-orang ultra-Ortodoks dapat mengganggu stabilitas pemerintahan koalisi sayap kanan Israel, yang dipimpin oleh Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu.

Dikutip dari laman Aljazeera, Ahad (21/7/2024), partai-partai ultra-Ortodoks dalam koalisi Netanyahu menentang langkah tersebut, dan komunitas mereka melakukan protes di jalanan.

Partai ultra-Ortodoks mana pun yang menarik diri dari koalisi dapat memicu pemilihan umum dini pada saat popularitas Netanyahu berada pada titik terendah.

Tentara pada hari Ahad akan mulai mengirimkan 3.000 rancangan perintah kepada pria ultra-Ortodoks berusia 18 hingga 26 tahun menjelang wajib militer pada tahun 2025, menurut media lokal.

Jadi siapakah orang-orang Yahudi ultra-Ortodoks di Israel dan mengapa mereka begitu menentang wajib militer?

Siapakah kelompok ultra-Ortodoks di Israel?

Kaum Yahudi ultra-Ortodoks Israel biasanya disebut sebagai Haredim (Haredi dalam bentuk tunggal) dalam bahasa Ibrani. Mereka adalah kelompok demografi paling religius di Israel dan biasanya mengelompokkan diri mereka dari masyarakat luas untuk mengabdikan diri pada doa dan ibadah.

Gerakan ini dapat ditelusuri kembali ke Eropa pada abad ke-19 sebagai reaksi terhadap dunia modern dan kekhawatiran bahwa hal itu akan mengalihkan perhatian mereka dari pengabdian pada agama.

Beberapa analis menggambarkan Haredim secara umum lebih mengabdi pada cara hidup mereka daripada Zionisme, sebuah ideologi politik yang awalnya menyerukan pembentukan negara etno-Yahudi di Palestina dan sekarang berfokus pada melindungi Israel sebagai negara Yahudi.

Ori Goldberg, seorang komentator politik Israel, mengatakan kelompok ultra-Ortodoks pada umumnya mengambil posisi netral bahkan toleran terhadap warga Palestina.

“Kesucian hidup dianggap menggantikan kesucian tanah bagi mereka,” katanya kepada Al Jazeera. “Ini bukan soal menentukan wilayah. Yang lebih penting (bagi mereka) adalah orang-orang Yahudi tetap hidup.”

Mengapa kaum ultra-Ortodoks tidak mau menjadi tentara?

Ya, hal ini berisiko mengubah cara hidup mereka.

Bahkan sebelum negara Israel terbentuk setelah pengusiran warga Palestina dari rumah mereka pada tahun 1948, sebuah peristiwa yang dikenal sebagai Nakba, sebuah pengecualian telah disepakati untuk orang Yahudi ultra-Ortodoks.

Sejumlah kecil siswa tidak diwajibkan menjadi tentara jika mereka mengabdikan hidup mereka untuk mempelajari kitab suci Yahudi di sekolah agama, yang dikenal sebagai yeshivas, yang bergantung pada pendanaan negara.

Seiring berjalannya waktu, kaum ultra-Ortodoks Israel tumbuh menjadi bagian penting dari populasi karena tingginya angka kelahiran mereka. Pada tahun 2023, kelompok ini terdiri dari 1,3 juta orang di Israel, atau sekitar 13 persen dari populasi.

Setiap tahunnya, sekitar 13.000 pria ultra-Ortodoks mencapai usia wajib militer, namun 90 persen dari mereka tidak mendaftar wajib militer.

“Komunitas ultra-Ortodoks cenderung secara aktif menolak wajib militer karena alasan bagaimana mereka memandang hubungan mereka dengan negara Israel, tapi juga karena alasan bahwa ini bukan konflik mereka dengan Palestina,” kata Hugh Lovatt, pakar Israel-Palestina di Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa. 

“Hal ini sebagian besar masih terjadi hingga saat ini.”

Apakah warga Israel lainnya ingin kaum ultra-Ortodoks menjadi tentara?

Ya, dan mereka sudah melakukannya selama bertahun-tahun.

Masyarakat sekuler Israel telah lama percaya bahwa mereka memikul beban melindungi negara dengan bertugas di Tepi Barat yang diduduki dan ikut serta dalam banyak perang Israel di Gaza.

Selama bertahun-tahun, Israel berusaha untuk tidak terlalu bergantung pada rekrutmen dengan melakukan perang teknologi cerdas yang terdiri dari pemboman udara dan perang pengepungan. Namun sejak serangan yang dipimpin Hamas terhadap komunitas dan pos-pos militer Israel pada tanggal 7 Oktober, yang menewaskan 1.139 orang dan 250 orang ditawan, Israel membutuhkan lebih banyak cadangan dan tenaga kerja untuk perang di Jalur Gaza.

Perang di Gaza telah berlangsung selama lebih dari sembilan bulan dan sedikitnya membuat 38.848 warga Palestina wafat dan membuat hampir seluruh penduduknya mengungsi. Sekitar 600 tentara Israel juga tewas dalam pertempuran, dan timbul kebencian yang semakin besar karena kelompok ultra-Ortodoks tidak mengirimkan pemuda mereka untuk membela Israel, menurut Eyal Lurie-Paredes, pakar Israel-Palestina di Timur Tengah, Lembaga Think Tank.

“Penting untuk menyatakan bahwa masalah penyusunan ultra-Ortodoks telah menjadi salah satu masalah utama dalam politik Israel selama beberapa dekade,” katanya kepada Al Jazeera.

“Satu-satunya isu yang menyatukan (gerakan pemukim dan oposisi sekuler Zionis) adalah bahwa kelompok ultra-Ortodoks harus dibentuk.”

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement