Selasa 23 Jul 2024 07:38 WIB

Rahasia Gunung dan Nabi Daud dalam Surah Saba Ayat 10

Nabi Daud dan gunung beserta unsur yang ada di dalamnya saling terkait.

Red: Erdy Nasrul
Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Ahad (21/7/2024). Menurut data BPPTKG periode pengamatan 21 Juli 2024 pukul 00.00 - 24.00 WIB Gunung Merapi yang berstatus siaga (level III) itu mengalami 31 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.600 meter ke arah barat daya.
Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Guguran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Ahad (21/7/2024). Menurut data BPPTKG periode pengamatan 21 Juli 2024 pukul 00.00 - 24.00 WIB Gunung Merapi yang berstatus siaga (level III) itu mengalami 31 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.600 meter ke arah barat daya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Fenomena Gunung Gede dan Pangrango mengalami penurunan suhu hingga 'bersalju' menarik perhatian banyak orang. Keadaan gunung yang terletak di Kabupaten Bogor Jawa Barat itu menjadi pemicu banyak orang menelusuri kisah apa saja yang terkait dengan gunung.

Republika menemukan banyak hal berkaitan dengan gunung, sebagaimana tertulis di beberapa konten sebelumnya. Kali ini, kisah gunung berkaitan dengan Nabi Daud alaihissalam. Begini kisahnya:

Baca Juga

Nabi Daud (David dalam tradisi Ibrani) merupakan kekasih Allah yang sungguh istikamah dalam dzikir. Kisah sang nabi selama ini kita dengar sebagai sosok yang mampu melunakkan besi dan punya kekuatan hebat menaklukkan pasukan raksasa. Namun apakah hanya itu ? apa keistikamahan Nabi Daud selain yang pernah kita dengar?

Ternyata Nabi Daud punya kekhasan utama, yaitu suara yang sangat indah. Kalau sudah berdzikir, maka suara indah itu menyihir gunung, burung, dan segala makhluk yang ada di sekitarnya mengikuti dzikir yang dibaca dan dihayati Nabi Daud.

Allah menjelaskan bagaimana keistikamahan Nabi Daud dalam Surah Saba ayat 10 berikut ini

۞ وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ مِنَّا فَضْلًا ۖ يَٰجِبَالُ أَوِّبِى مَعَهُۥ وَٱلطَّيْرَ ۖ وَأَلَنَّا لَهُ ٱلْحَدِيدَ

Wa laqad ātainā dāwụda minnā faḍlā, yā jibālu awwibī ma'ahụ waṭ-ṭaīr, wa alannā lahul-ḥadīd

Sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): "Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud", dan Kami telah melunakkan besi untuknya.

Ulama mufassir Alquran Abdurrahman as’Sa’di menjelaskan sebagai berikut:

Kami memberikan karunia kepadanya berupa ilmu yang bermanfaat, amal shalih, dan berbagai nikmat agama dan dunia. Dan di antara nikmatNya kepadanya adalah,

Pertama, Allah mengistimewakannya dengan memerintah benda-benda mati seperti gunung-gunung dan hewan-hewan dari jenis burung untuk bertasbih berulang-ulang bersamanya memuji Tuhannya sebagai (bentuk) kepatuhan kepadaNya. Ini merupakan nikmat kepada Daud, karena hal itu menjadi salah satu keistimewaannya yang belum pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelumnya dan sesudahnya; dan hal ini menjadi pembangkit baginya dan bagi yang lain untuk bertasbih kepada Allah apabila mereka melihat benda-benda mati dan berbagai hewan merespons sesuatu dengan bertasbih kepada Rabbnya, mengagungkan, membesarkan dan memujiNYa. Hal ini termasuk hal yang membangkitkan semangat berdzikir kepada Allah.

Kedua, sesungguhnya hal itu terjadi, (sebagaimana pendapat kebanyakan ulama), adalah karena kemerduan suara Daud. Sebab Allah telah mengaruniakan kepadanya suara yang sangat indah yang mengungguli manusia lainnya. Dan apabila dia mengulang-ulang tasbih, tahlil dan tamjid dengan suara yang sangat merdu lagi indah itu, maka setiap orang yang mendengarnya, dari bangsa jin dan manusia hingga burung-burung dan gunung-gunung tertarik padanya dan ikut bertasbih memuji Rabbnya.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement