Senin 22 Jul 2024 07:19 WIB

Gunung Gede-Pangrango Bersalju dan Rahasia Penciptaan Gunung dalam Fussilat Ayat 10

Gunung Gede dan Pangrango merupakan tanda kebesaran Allah.

Red: Erdy Nasrul
Puncak Gunung Gede
Foto: BTN GN Gede Pangrango
Puncak Gunung Gede

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Gunung Gede dan Pangrango kini menjadi sorotan. Sebabnya, dua gunung tersebut mengalami penurunan suhu yang luar biasa. Kini sudah berada pada nol derajat. Artinya keadaan di sana sangat dingin.

Bahkan sejumlah pendaki gunung tersebut menyaksikan fenomena es di sana. Keadaan yang dingin tersebut menunjukkan keadaan Gunung Gede dan Pangrango dalam kondisi dingin yang luar biasa.

Baca Juga

BACA JUGA: Adidas Coret Bella Hadid dari Iklan Sepatu Usai Dikritik Israel, Netizen Serukan Boikot

Pendaki tentu saja wajib berhati-hati. Kalau memang hendak ke puncak sana, maka harus memiliki persiapan dan perbekalan yang cukup, mulai dari pakaian yang tebal dan bekal makanan yang cukup.

Keadaan Gunung Gede dan Pangrango menunjukkan kebesaran Allah yang merupakan pencipta gunung. Kemudian rahasia penciptaan gunung juga diungkapkan langsung oleh Allah dalam Surah an-Nahl ayat 15 dan lainnya adalah Surah Fussilat ayat 10 berikut ini

وَجَعَلَ فِيهَا رَوَٰسِىَ مِن فَوْقِهَا وَبَٰرَكَ فِيهَا وَقَدَّرَ فِيهَآ أَقْوَٰتَهَا فِىٓ أَرْبَعَةِ أَيَّامٍ سَوَآءً لِّلسَّآئِلِينَ

Wa ja'ala fīhā rawāsiya min fauqihā wa bāraka fīhā wa qaddara fīhā aqwātahā fī arba'ati ayyām, sawā`al lis-sā`ilīn

Allah menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni)nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.

Tafsir ayat ini adalah sebagai berikut, sebagaimana tertulis dalam Tafsir Alquran Kementerian Agama RI:

Setelah menciptakan bumi, dia ciptakan pula padanya gunung-gunung yang kokoh di atasnya yang menjadi pasak bagi bumi. Kemudian dia berkahi bumi itu sehingga layak menjadi tempat kehidup-an bagi makhluk tumbuhan, hewan, dan manusia, dan dia pula yang tentukan makanan-makanan bagi para penghuni-Nya. Semua itu tercipta dalam empat masa.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement