Rabu 24 Jul 2024 09:52 WIB

Tingkat Retensi Meningkat, Nasabah Bank Muamalat Makin Betah Pakai Muamalat DIN

Nasabah Bank Muamalat semakin betah dan nyaman dalam menggunakan aplikasi.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Nasabah menunjukkan fitur Dana Impian di aplikasi mobile banking Muamalat DIN di Jakarta, Rabu (26/6/2024).
Foto: Dok Republika
Nasabah menunjukkan fitur Dana Impian di aplikasi mobile banking Muamalat DIN di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tingkat retensi atau retention rate aplikasi mobile banking milik PT Bank Muamalat Indonesia Tbk yaitu Muamalat DIN meningkat dua kali lipat. Hal ini menunjukkan bahwa nasabah Bank Muamalat semakin betah dan nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut.

SEVP Retail Banking Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan, tingkat retensi adalah indikator penting untuk mengukur kesuksesan sebuah aplikasi digital dalam mempertahankan penggunanya. Per Juni 2024, tingkat retensi dari nasabah baru yang menggunakan Muamalat DIN ada di kisaran 42 persen.

Baca Juga

“Jika dibandingkan dengan tahun lalu, tingkat retensi Muamalat DIN masih di kisaran 20 persen. Sekarang sudah di atas 40 persen. Artinya, nasabah yang telah mengunduh Muamalat DIN dan tetap menggunakannya secara aktif terus meningkat dari hari ke hari. Faktornya antara lain kemudahan untuk membuka rekening serta fitur-fitur yang ada di Muamalat DIN semakin lengkap dan sesuai dengan kebutuhan mereka,” ujarnya dalam keterangan, Rabu (24/7/2024).

Selain itu, data yang dimiliki oleh Bank Muamalat juga menunjukkan bahwa loyalitas pengguna baru Muamalat DIN terus meningkat. Hal ini ditandai dengan tren peningkatan jumlah nasabah baru yang melakukan transaksi lebih dari 10 kali setiap bulannya.