Selasa 30 Jul 2024 07:36 WIB

Armageddon, Perang Besar Menumpas Dajjal dan Israel

Nubuat tentang perang besar di akhir zaman ini disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW.

Red: Hasanul Rizqa
ILUSTRASI Armageddon, perang besar menumpas Dajjal dan Israel
Foto: Freepik
ILUSTRASI Armageddon, perang besar menumpas Dajjal dan Israel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada akhir zaman, menjelang hari kiamat, orang-orang Israel akan berkumpul dengan sekutunya. Mereka semua bergabung dengan dipimpin Dajjal.

Sementara itu, umat Islam pun akan bersatu dengan dipimpin oleh Imam Mahdi. Pertempuran besar pada akhir zaman pun meletus.

Baca Juga

Dalam keadaan demikian, Nabi Isa AS turun dari langit. Rasul yang juga putra Maryam itu kemudian bergabung dengan Imam Mahdi dan pasukan Muslimin.

Begitu mengetahui kedatangan Isa AS, Dajjal panik. Makhluk penebar fitnah itu pun dibunuh oleh nabiyullah tersebut.

Rentetan kejadian pada akhir zaman itu banyak diceritakan dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW menubuatkan, kelak Palestina akan menjadi negeri tempat bertarungnya Nabi Isa dan Dajjal. Sesudah Pendusta Besar itu mati, orang-orang Mukmin akan berjaya hingga berhembusnya angin yang akan mewafatkan semua mereka.

Simaklah hadis Rasulullah SAW dalam yang diriwayatkan dari jalur an-Nawwas bin Sam'an ini.

فَبَيْنَمَا هُوَ كَذَلِكَ إِذْ بَعَثَ اللَّهُ الْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ فَيَنْزِلُ عِنْدَ الْمَنَارَةِ الْبَيْضَاءِ شَرْقِىَّ دِمَشْقَ بَيْنَ مَهْرُودَتَيْنِ وَاضِعًا كَفَّيْهِ عَلَى أَجْنِحَةِ مَلَكَيْنِ إِذَا طَأْطَأَ رَأَسَهُ قَطَرَ وَإِذَا رَفَعَهُ تَحَدَّرَ مِنْهُ جُمَانٌ كَاللُّؤْلُؤِ فَلاَ يَحِلُّ لِكَافِرٍ يَجِدُ رِيحَ نَفَسِهِ إِلاَّ مَاتَ وَنَفَسُهُ يَنْتَهِى حَيْثُ يَنْتَهِى طَرْفُهُ فَيَطْلُبُهُ حَتَّى يُدْرِكَهُ بِبَابِ لُدٍّ فَيَقْتُلُهُ ثُمَّ يَأْتِى عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ قَوْمٌ قَدْ عَصَمَهُمُ اللَّهُ مِنْهُ فَيَمْسَحُ عَنْ وُجُوهِهِمْ وَيُحَدِّثُهُمْ بِدَرَجَاتِهِمْ فِى الْجَنَّةِ

“Saat Dajjal seperti itu, tiba-tiba ‘Isa putra Maryam turun di sebelah timur Damaskus di Menara Putih dengan mengenakan dua baju (yang dicelup wars dan za’faran) seraya meletakkan kedua tangannya pada sayap dua malaikat.

Bila ia menundukkan kepala, air pun menetes. Ketika ia mengangkat kepala, air pun bercucuran seperti mutiara. Tidaklah orang kafir mencium aroma badan (Isa AS) melainkan kafir tersebut akan mati. Sungguh, aroma nafasnya (menyeruak) sejauh mata memandang.

Isa mencari Dajjal hingga menemuinya di Pintu Ludd, dan lalu membunuhnya. Setelah itu, Isa bin Maryam mendatangi suatu kaum yang dijaga oleh Allah dari Dajjal. Ia mengusap wajah-wajah mereka dan menceritakan tingkatan-tingkatan mereka di surga” (HR Muslim no 2937).

Bukan hanya nash-nash Islam, kitab suci Nasrani pun menyebutkan perihal perang akhir zaman. Mereka mengistilahkannya sebagai Perang Armageddon.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement