Selasa 30 Jul 2024 08:08 WIB

PM dan Tentara IDF Baku Hantam di Kamp Paling Brutal Israel

Kericuhan dipicu penangkapan tentara Israel yang menganiaya tahanan dari Gaza.

Red: Fitriyan Zamzami
Tentara IDF membawa warga Palestina dari Jalur Gaza untuk dimasukkan ke kamp tahanan.
Foto:

Para pejabat dari lembaga militer dan politik Israel dengan cepat mengutuk penyusupan terhadap pangkalan militer tersebut, namun beberapa pejabat membatasi komentar mereka mengenai dugaan pelanggaran tersebut – dan potensi dampaknya terhadap serangan Israel di Gaza.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang telah menjanjikan “kemenangan total” di Gaza, “mengecam keras” upaya pembobolan di Sde Teiman, namun tidak memberikan komentar atas tuduhan penganiayaan terhadap tahanan tersebut. Menteri Pertahanan, Yoav Gallant, mengatakan bahwa “bahkan di masa-masa sulit, hukum berlaku untuk semua orang – tidak ada yang boleh masuk tanpa izin ke pangkalan IDF atau melanggar hukum negara Israel”. 

Presiden Israel, Isaac Herzog, menyerukan ketenangan, namun mengatakan bahwa kebencian terhadap beberapa orang yang dituduh melakukan aksi teroris “pasti dapat dimengerti dan dibenarkan”. 

Kepala staf IDF, Letjen Herzi Halevi, membela penyelidikan tersebut, dan berkata: “Insiden pembobolan pangkalan Sde Teiman sangat serius dan melanggar hukum… kita sedang berperang, dan tindakan semacam ini membahayakan keamanan negara."