Selasa 30 Jul 2024 15:28 WIB

Peneliti Asing Terpesona Inovasi TNI AD Ubah Air Laut Layak Diminum

TNI AD akan terus berinovasi tingkatkan teknologi militer.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pasukan TNI AD
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Ilustrasi pasukan TNI AD

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Peneliti kesehatan asing atau luar negeri dan ratusan peserta Healthy Cities Summit (HCS) VI 2024 terpesona dengan inovasi TNI AD yang berhasil menciptakan mesin minimalis untuk mengolah air laut menjadi air yang layak untuk diminum.

Tempat pengolahan air laut menjadi air minum dan pembuatan es batu itu dinamakan Ice Siliwangi yang dikelola Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi berada di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga

"Ini luar biasa dengan alat yang sederhana bisa mengubah air laut menjadi air minum. Tentunya inovasi ini menarik dan bermanfaat di tengah terbatasnya sumber air untuk dikonsumsi akibat pemanasan global," kata General Manager Regional Laboratory on Urban Governance for Health and Well-being (UGHW) Foo Jia Xin, di Sukabumi, Senin.

Menurut Foo, air laut yang diubah menjadi air murni ini sudah benar-benar layak untuk dikonsumsi, selain tidak berbau, tidak mengandung bakteri dan sudah lolos uji klinis, tentunya inovasi seperti ini harus dicontoh di berbagai negara untuk mengatasi kesulitan air bersih.