Selasa 30 Jul 2024 12:03 WIB

SPs UMJ Luluskan Doktor ke-66 dengan Pujian

UMJ telah melahirkan tidak kurang dari 51.093 alumni berkiprah di berbagai bidang.

Red: Gita Amanda
Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (SPs UMJ) meluluskan Lutfan Son
Foto: UMJ
Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (SPs UMJ) meluluskan Lutfan Son

REPUBLIKA.CO.ID, CIREUNDE -- Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (SPs UMJ) meluluskan Lutfan Son'any, Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Auditorium dr Syafri Guricci, Senin (29/7/2024). Ia merupakan doktor ke-66 dari SPs UMJ dan sukses meraih predikat Pujian dengan IPK 3,87 dari dewan penguji.

Lutfan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul "Model Peran Dewan Pendidikan Terhadap Kinerja Kepala Madrasah dan Guru Madrasah di Kabupaten Bekasi". Ia mengambil sampel acak proporsional sebanyak sembilan sekolah swasta dari total keseluruhan madrasah di Kabupaten Bekasi.

Baca Juga

Sekolah-sekolah tersebut diteliti Lutfan, karena kurangnya perhatian dari pemerintah daerah dan instansi yang mengurus masalah pendidikan madrasah. Kurangnya perhatian ini menyebabkan munculnya masalah, yaitu kurangnya pelayanan madrasah, sarana dan prasarana, kurikulum, kinerja, jumlah murid yang sedikit, serta hasil output madrasah.

Hasil penelitiannya mengungkapkan Dewan Pendidikan memiliki peran signifikan terhadap kinerja Kepala Madrasah dan Guru Madrasah. Namun, dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bekasi, masih terdapat banyak kekurangan dan peran Dewan Pendidikan belum berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.