Rabu 31 Jul 2024 19:41 WIB

Yang Terjadi di Palestina Setelah Ismail Haniyeh Wafat

Mogok nasional terjadi di Tepi Barat atas wafatnya Ismail Haniyeh

Red: Erdy Nasrul
Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh.
Foto: Anadolu Agency
Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh.

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Koalisi perjuangan nasional dan Islam Palestina mendeklarasikan Rabu sebagai hari mogok nasiona dan menyerukan "demonstrasi kemarahan" digelar sebagai respons atas terbunuhnya pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh.

Dilaporkan, mogok kerja tersebut digelar di seantero Tepi Barat dan tak sedikit masjid di kawasan tersebut menyatakan rasa duka atas wafatnya Haniyeh melalui pengeras suara.

Baca Juga

BACA JUGA: Tafsir Surat Ali Imran Ayat 169-170: Gembiranya Orang yang Mati Syahid

"Pembunuhan Pemimpin Besar Ismail Haniyeh adalah bagian dari terorisme serta perang pemusnahan, penghancuran, dan pembunuhan oleh pihak Zionis di tengah gagalnya komunitas internasional bertindak demi menghentikan perang dan memastikan penjajah bertanggung jawab atas tindakannya," demikian pernyataan kelompok tersebut.

Kelompok Palestina tersebut menyatakan bahwa pembunuhan tersebut tak akan menggoyahkan tekad rakyat Palestina untuk terus bertahan dan melawan serangan Israel.

"Justru tekad kami semakin kuat untuk terus mempertahankan hak dan perjuangan demi mencapai kebebasan dan kemerdekaan," ucap koalisi perjuangan itu.

Kelompok perlawanan Palestina Hamas sebelumnya memastikan Ismail Haniyeh meninggal dunia pada Rabu awal pagi akibat serangan Israel terhadap kediamannya di Teheran, Iran.

Haniyeh sedang berada di Ibu Kota Iran untuk menghadiri pelantikan Masoud Pezeshkian sebagai Presiden Iran yang baru pada Selasa (30/7).

Televisi nasional Iran yang melaporkan kematian Haniyeh menyatakan bahwa penyelidikan atas serangan tersebut tengah berjalan. Hasil dan temuan dari penyelidikan tersebut juga akan segera disampaikan kepada umum.

Meski demikian, pihak Israel yang dituduh melancarkan serangan yang menewaskan petinggi Hamas tersebut masih belum membuat pernyataan apapun.

Presiden Palestina

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengutuk pembunuhan kepala biro politik kelompok Hamas, Ismail Haniyeh, dan menyebutnya sebagai "tindakan pengecut".

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh kantor berita WAFA, Rabu, Presiden Abbas menyerukan kepada rakyat Palestina "untuk bersatu, bersabar, dan tabah dalam menghadapi pendudukan Israel."

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement