Jumat 09 Aug 2024 00:29 WIB

Di INSISTS Camp, Prof Hamid Fahmy Bicara Penanaman Worldview di Keluarga

INSISTS akan terus gelar program untuk bangkitkan tradisi keilmuan.

Red: Erdy Nasrul
Rektor Unida Gontor Prof Hamid Fahmy Zarkasyi berbicara tentang worldview dalam program INSISTS Camp
Foto: INSISTS
Rektor Unida Gontor Prof Hamid Fahmy Zarkasyi berbicara tentang worldview dalam program INSISTS Camp

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pusat studi pemikiran dan peradaban Islam (INSISTS) menggelar INSISTS Camp untuk menawarkan suasana baru rekreasi keluarga. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu-Ahad, 3-4 Agustus 2024 ini berlokasi di Richie’s Garden Resto & Villa, Jl. Gunung Batu, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Penyelenggaraan kegiatan tersebut didasarkan pada dinamika generasi muda sebagai pembangun peradaban maju sebuah bangsa. Untuk mencetak generasi emas yang gemilang dan berprestasi, pendidikan keluarga memainkan peran strategis sebagai lingkungan pertama yang akan membentuk mental karakter anak. Oleh karena itu—terutama sebagai keluarga muslim—penanaman akidah, pemahaman syariah, serta pembentukan akhlaq mulia bagi anak-anak harus dibiasakan sejak dini.

Baca Juga

Meskipun bertemakan keluarga, INSISTS Camp sarat dengan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan wawasan para peserta seputar nilai-nilai Islam dalam berkeluarga. Dengan bertajuk “Merawat Keluarga, Mencetak Generasi”, acara ini menghadirkan tamu istimewa yakni Ustaz Asep Sobari, Founder Sirah Community Indonesia (SCI) yang juga merupakan peneliti INSISTS, serta Prof Hamid Fahmy Zarkasyi, Rektor Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) sekaligus Direktur Utama INSISTS.

Rentetan kegiatan INSISTS Camp dimulai pada Sabtu (3/8) siang. Setelah check in ke kamar masing-masing, para peserta menyantap hidangan siang yang telah disediakan sembari mendengarkan welcoming speech dari Ustaz Dr. Henri Shalahuddin, Direktur Eksekutif INSISTS. Dalam sambutannya, Ustadz Henri menghaturkan terima kasihnya kepada para peserta yang telah antusias berpartisipasi dalam acara ini.Setelah bersantai sejenak, kegiatan dilanjutkan dengan shalat Ashar berjamaah kemudian Kajian Ba’da Ashar bersama Ustadz Asep Sobari.

Kajian tersebut mengangkat judul “Potret Keluarga Ulama”, yang menjelaskan latar belakang beberapa keluarga Muslim yang telah berhasil melahirkan figur-figur masyhur dalam sejarah tradisi intelektual Islam. Meskipun sangat beragam, namun dari sekian keluarga tersebut dapat ditemukan benang merah yang menghubungkan kisahnya; yakni budaya cinta ilmu, pendidikan usia dini, serta pengorbanan harta yang tidak sedikit.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement