Jumat 16 Aug 2024 22:16 WIB

Ekonom: Anggaran Program Makan Bergizi Gratis Rp 71 Triliun Sudah Pas

Program makan bergizi tingkatkan kesejahteraan.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi makan siang gratis.
Foto: ANTARA FOTO
Ilustrasi makan siang gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengatakan anggaran program Makan Bergizi Gratis (MBG) sebesar Rp71 triliun sudah pas.

“Kalau angkanya Rp71 triliun itu sebenarnya masih di bawah ekspektasi dari hitung-hitungan awal waktu kampanye. Hitungannya Rp15 ribu per porsi, tapi itu sebetulnya sudah angka yang menurut saya sudah pas. Jangan dipotong, apalagi potong separuh, nanti cuma dapat telur,” katanya dalam talkshow spesial Sidang Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2025 di Gedung DPR yang dipantau secara virtual, Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Salah satu strategi jangka pendek untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan menguatkan kesejahteraan dalam RAPBN 2025 ialah program MBG yang diarahkan untuk meningkatkan gizi anak. Dalam strategi jangka menengah, MBG menjadi salah satu program yang difokuskan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang produktif, inovatif, dan berdaya saing.

Program MBG dilakukan secara bertahap, diselaraskan dengan kesiapan teknis dan kelembagaan, serta tata kelola yang akuntabel. Alokasi dana Rp71 triliun sendiri merupakan anggaran untuk tahun pertama.