Jumat 16 Aug 2024 21:41 WIB

Gol Cepat Eksel Bawa Barito Putera Kalahkan Madura United

Eksel Runtukahu mencetak gol ke gawang Madura United saat laga baru berjalan 42 detik

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah gol cepat dari Eksel Runtukahu saat laga baru berjalan 42 detik membawa Barito Putera meraih tiga poin pada pekan kedua BRI Liga 1 2024/2025. Barito mengalahkan Madura United 1-0 di Stadion Sultan Agung Bantul Yogyakarta, Jumat (16/8/2024) malam.

Gol tersebut menjadi satu-satunya yang tercipta dalam pertandingan tersebut. Dengan hasil ini, Barito Putera masih berada di posisi delapan dengan nilai tiga. Sedangkan Madura United di peringkat 12 dengan nilai satu.

Baca Juga

Laga baru memasuki detik ke-42, Barito Putera sudah unggul 1-0 melalui Eksel Runtukahu, yang menjadi gol tercepat di Liga 1 musim ini. Gol berawal dari umpan datar Murio ke kotak penalti Madura United. Pemain belakang Laskar Sape Kerrab Vedhayanto gagal membuang bola dengan baik. Bola muntahan tersebut berhasil dimaksimalkan Eksel dengan mudah menyontekkan ke dalam gawang.

Menit ke-33, Iran Junior hampir menyamakan kedudukan. Wehrmann melepaskan umpan datar langsung ke Iran Junior. Setelah mekukan tekukan, Iran Junior langsung melepaskan tembakan placing, tapi sangat tipis melebar ke sisi luar tiang gawang Barito.

Menit ke-38, Febrian belum berhasil mengejar bola umpan dari Lulinha. Namun Febrian dijaga dua pemain belakang Barito sehingga bola mengalir deras tak terjangkau. Hingga babak pertama usai tak ada lagi gol tercipta.

Memasuki babak kedua, Barito memberi ancaman melalui Eksel. Namun ia belum berhasil menang duel satu lawan satu dengan Dida.

Novan memberikan umpan daerah kepada Eksel, ia terbebas dari jebakan offside, hingga kedua pemain belakang dari Madura United kalah lari. Eksel berhasil tinggal berhadapan dengan Dida, tapi bola mengarah tepat ke kiper yang dengan mudah menepisnya.

Menit ke-56, peluang dari Iran Junior mengenai mistar gawang. Satria Tama berhasil menepis bola dari umpan pemain Madura, bola jatuh kepada Iran Junior dengan sekali kontrol bola ia menendang bola ke gawang. Dewi fortuna belum bersamanya sehingga bola hanya mengenai tiang gawang.

Menit-57, Satria Tama berhasil menggagalkan peluang emas dari Iran Junior. Iran Junior berhasil mengecoh beberapa pemain belakang Barito Putera. Ia berhasil lepas dari para pemain belakang hingga berhasil melakukan duel dengan kiper Satria Tama. Namun engan tenang kiper Barito berhasil menepis bola.

Menit ke-72, sepakan Levi Madinda hanya mengarah ke atas tiang gawang. Peluang terakhir Madura Tercipta pada menit ke-90+4 lewat Maxuel gagal menyamakan kedudukan. Ia mengontrol bola sebelum mengarahkannya ke tiang dekat. Namun bola belum berhasil melesak ke dalam gawang Barito. Dengan peluang terakhir yang gagal ini, Barito berhasil mengamankan tiga poin.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement