Senin 19 Aug 2024 05:05 WIB

Hari Ini Jokowi Reshuffle Kabinet, Yasonna Sudah Beri Kode, Siapa Lagi Terdepak?

Yasonna menyatakan sudah siap jika direshuffle dari Kabinet Indonesia Maju.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan melakukan reshuffle kabinet pada hari ini, Senin (19/8/2024). Perombakan Kabinet Indonesia Maju ini sudah sayup-sayup terdengar sejak beberapa hari lalu dan semakin santer beredar selama akhir pekan kemarin.

Salah satu menteri yang dikabarkan akan 'ditendang' dari kabinet adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Kuat kemungkinan, posisinya akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia. Nama Bahlil dalam sepekan terakhir menjadi perbincangan hangat seiring mundurnya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Baca Juga

Pos menteri investasi/kepala badan koordinasi penanaman modal (BKPB) yang ditinggalkan Bahlil adan diisi Rosan Roeslani. Rosan diketahui merupakan ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Selain itu, kencang berembus bahwa Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya juga kena dalam reshuffle kali ini. Politikus Partai Nasdem itu diketahui menjabat sebagai menteri LHK sejak kepemimpinan Presiden Jokowi pada periode pertama hingga saat ini.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly juga dikabarkan akan diganti. Kursi yang ditinggalkan politikus PDIP itu akan diisi oleh Supratman Andi Agtas. Supratman diketahui merupakan politikus Partai Gerindra yang saat ini menjabat sebagai ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

photo
Reshuffle Kabinet Indonesia Maju. - (Infografis Republika)

Menkumham Yasonna sudah memberi kode beberapa hari lalu.. baca di halaman selanjutnya.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement