Senin 19 Aug 2024 08:04 WIB

Anies Gagal Maju di Jakarta, Survei Ini Ungkap Pemilih PKS-PKB-Nasdem Mayoritas ke Anies

PKS, PKB, dan Nasdem dipastikan tidak mengusung Anies di Pilkada Jakarta.

Red: Mas Alamil Huda
Anies Baswedan (kiri) berswafoto dengan warga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jl Jend Sudirman, Jakarta, Ahad (4/8/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Anies Baswedan (kiri) berswafoto dengan warga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jl Jend Sudirman, Jakarta, Ahad (4/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan bahwa mayoritas pemilih dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih memilih Anies Baswedan jika Pilkada Jakarta digelar sekarang. Namun, ketiga partai tersebut dipastikan tak akan mengusung Anies.

Direktur Eksekutif SMRC Deni Irvani dalam keterangan di Jakarta, Ahad (18/8/2024) menjelaskan, lewat survei bertajuk "Peluang calon-calon gubernur dalam Pilkada Provinsi Jakarta" itu, pihaknya mencatat Anies mendapatkan suara 94 persen dari pemilih PKS, lebih unggul jauh dari Ridwan Kamil (RK) yang hanya mendapatkan suara lima persen.

Baca Juga

"Pada pemilih Nasdem, Anies 76 persen, jauh di atas RK 22 persen. Untuk pemilih PKB, Anies juga unggul jauh 73 persen melawan RK yang hanya mendapatkan dukungan 17 persen," katanya.

Deni mencatat, RK terlihat unggul atas Anies di pemilih PSI (93 persen), Gerindra (71 persen), dan Golkar (52 persen). Adapun pemilih Demokrat terbelah kepada Anies (46 persen) dan RK (43 persen).