Rabu 21 Aug 2024 18:13 WIB

IPS Sebut Hanya Sendi yang Berpotensi Kalahkan Dedie di Pilwalkot Bogor

Sendi punya bahan disukai sebagai modal penting orang memilihnya.

Red: Joko Sadewo
Sekretaris Pribadi (Sespri) Ibu Negara Iriana Jokowi, Sendi Fardiansyah meminta restu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju menjadi calon wali kota Bogor 2024.
Foto: Dok. Republika
Sekretaris Pribadi (Sespri) Ibu Negara Iriana Jokowi, Sendi Fardiansyah meminta restu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju menjadi calon wali kota Bogor 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Direktur Riset Indonesian Presidential Studies (IPS), Arman Salam, menyebut hanya Sendi Fardiansyah yang berpotensi kuat untuk bisa mengalahkan Dedie Rachim dalam Pemilihan wali Kota (Pilwalkot) Bogor, pada November 2024 nanti. Sendi dinilai memiliki trend elektabiltias yang terus naik meski masih dibawah Dedie Rachim.

Hal ini disampaikan Arman Salam menanggapi peluang sejumlah kandidat calon potensial yang akan bertarung di Pilwakot Bogor. “Dari hitungan sementara base on data, memang ada tiga kandidat potensial, yaitu Dedie Rachim, Sendi Fardiansyah dan dokter Reyendra. Namun, jika dilihat dari trendnya, hanya Sendi yang punya potensi kuat bisa mengalahkan Dedie Rachim yang sudah memimpin elektabilitas dari awal,” kata Arman Salam, dalam siaran pers, Rabu (21/8/2024).

Menurut Arman, trend itu penting dalam melihat peluang seorang kandidat. Dari data yang ada, menurutnya, Dedie Rachim sendiri sebenarnya punya trend yang stagnan. Sementara, dokter Rayendra, trendnya sudah mulai menurun.

Dari pengalaman selama ini, menurutnya, calon yang punya trend turun itu biasanya akan  turun terus. Sebaliknya, calon yang punya trend naik akan naik terus. Jika merujuk pada data sejumlah lembaga survei, hanya Sendi yang punya trend naik. Dari sebelumnya, masih dibawah 10%, sekarang sudah mepet Dedie Rachim di angka sekitar 20 an persen.