Rabu 26 Jun 2024 14:07 WIB

Survei Poldata Sebut Sendi Fardiansyah Berpotensi Salip Petahana Walkot Bogor

Elektabilitas Sendi Fardiansyah terus mengalami peningkatan.

Red: Joko Sadewo
 Peneliti Poldata Indonesia, Fajar Arif Budiman, saat memaparkan hasil survei Pilkada Kota Bogor.
Foto: istimewa/doc humas
Peneliti Poldata Indonesia, Fajar Arif Budiman, saat memaparkan hasil survei Pilkada Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Survei yang dilakukan Poldata Indonesia Konsultan menyebukan elektabilitas bakal calon wali kota Bogor, Sendi Fardiansyah, berpotensi menyalip politikus lama, bahkan petahana Dedi Rachim.

Hal ini disampaikan peneliti Poldata, Fajar Arif Budiman, menyebutkan, dalam survei yang dilakukan 1-10 Juni 2024, terdapat tiga nama yang menduduki peringkat teratas elektabilitas. Mereka berturut-turut adalah Dedie Rachim, Sendi Fardiansyah, dan Raendi Rayendra.

“Tingkat keterkenalan, kesukaan, dan keterpilihan mengurucut pada sejumlah calon, yakni Dedie Rachim, Sendi Fardiansyah, dan Raendi Rayendra. Namun Sendi Fardiansyah sangat berpotensi sangat kuat menyalip elektabilitas Dedie Rachim,” dalam siaran persnya, Rabu (26/6/2024). Survei ini melibatkan 400 responden melalui wawancara tatap muka menggunakan metode multi stage random sampling dengan margin of error 4,9%. 

Fajar menyebut jika dianalisis dengan memperhatikan hasil-hasil survei lainnya yang dilakukan untuk tujuan dan konteks serupa, menunjukkan tren positif peningkatan elektabilitas Sendi Fardiansyah. “Potensi Sendi untuk bisa menyalip Dedie Rachim itu terlihat cukup jelas dari trend elektabilitas dari berbagai hasil survei,“ ungkap Fajar.