Kamis 22 Aug 2024 09:12 WIB

Kesuksesan Raja Jawa tanpa Mahkota

Sosok berjulukan Raja Jawa tanpa Mahkota ini dinilai sukses memimpin SI.

Red: Hasanul Rizqa
Museum HOS Tjokroaminoto di Jalan Peneleh VII No 29, Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Antara/Zabur Karuru
Museum HOS Tjokroaminoto di Jalan Peneleh VII No 29, Surabaya, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti dilansir dari laman resmi Kemendikbudristek RI, Sarekat Dagang Islam (SDI) berdiri pada 16 Oktober 1905. Pemrakarsanya adalah Haji Samanhudi (lahir 1868), seorang pengusaha batik dari Laweyan, Solo.

Bukan sekadar asosiasi kelompok pedagang Muslim. SDI pada akhirnya berubah menjadi organisasi nasional pertama yang keanggotaannya cukup kompleks di Indonesia--waktu itu bernama Hindia Belanda.

Baca Juga

Langkah awal H Samanhudi sebagai ketua SDI Solo adalah melakukan “operasi bawah-tanah” dibantu oleh Tirto Adi Soerjo. Hasilnya, SDI berkembang hingga ke Purwokerto, Madiun, dan Surabaya.

Dalam perkembangan selanjutnya, yang menjadi anggota SDI bukan hanya berasal dari pedagang, tetapi banyak juga yang berasal dari petani, buruh, kalangan bangsawan dan pegawai pemerintah. Pada titik ini, SDI menjadi satu-satunya organisasi dengan penataan modern dan mempunyai massa relatif banyak.

Dalam kondisi demikian, H Samanhudi berjumpa dengan Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto. Pada saat itu, profil tokoh kelahiran Madiun tahun 1882 ini sudah begitu terkenal. Sosoknya juga karismatik di tengah publik Hindia Belanda, terutama masyarakat pribumi.

Para penulis Belanda sampai-sampai menjulukinya "De Ongekroonde van Java." Artinya, 'Raja Jawa tanpa Mahkota.’ Sebab, begitu besar pengaruh HOS Tjokroaminoto di tengah rakyat Jawa.

Pada 1913, Samanhudi merasa tidak mampu lagi menangani organisasi yang jumlah anggotanya banyak. Ia pun menyerahkan posisi ketua SDI ke tangan HOS Tjokroaminoto dan menjadi Ketua Centraal Comite.

Sukses memimpin SI, HOS Tjokroaminoto ....

 

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement