Kamis 22 Aug 2024 15:12 WIB

Ratusan Hektare Lahan Sawah di Cirebon Terdampak Kekeringan

Pertanian di Kabupaten Cirebon salah satu penyumbang utama ketahanan pangan di Jabar

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Lahan sawah terdampak kekeringan (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Lahan sawah terdampak kekeringan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Pemerintah Kabupaten Cirebon, melakukan pemulihan lahan pertanian yang terdampak kekeringan selama musim kemarau di wilayahnya. Agar, tingkat produktivitas padi tidak mengalami penurunan saat masa panen raya kedua pada 2024.

"Untuk mengantisipasi puncak kekeringan yang diprediksi terjadi pada September 2024, kami telah melakukan berbagai langkah koordinatif dan persiapan teknis," ujar Kepala Dinas Pertanian Cirebon Alex Suheriyawan di Cirebon, Kamis (22/8/2024).

Baca Juga

Alex mengatakan, hingga Agustus 2024 pihaknya mencatat luas lahan sawah terdampak kekeringan di Kabupaten Cirebon sekitar 235 hektare, dengan 1 hektare masuk kategori berat dan 0,5 hektare mengalami puso. “Sektor pertanian di Kabupaten Cirebon merupakan salah satu penyumbang utama ketahanan pangan di Jawa Barat, sehingga upaya pemulihan ini menjadi prioritas bagi pemerintah daerah,” katanya.

Ia menjelaskan upaya pemulihan ini bertujuan untuk mengurangi dampak kekeringan, yang di tahun sebelumnya menyebabkan kerusakan signifikan pada lahan pertanian di wilayah Cirebon. Distan Cirebon mencatat total lahan yang terdampak kekeringan mencapai 1.002 hektare pada 2023, dengan 31 hektare mengalami puso atau gagal panen. Namun sekitar 183 hektare sisanya berhasil dipulihkan.

Menurut Alex, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cirebon, serta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) setempat untuk memastikan ketersediaan air irigasi yang memadai.

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah juga telah menyiapkan pompa air di lokasi-lokasi yang rawan kekeringan, sebagai langkah mitigasi untuk menjaga produktivitas lahan. "Kami memonitor secara ketat giliran air, jadwal pengeringan, dan perbaikan saluran irigasi agar kebutuhan air petani tetap terpenuhi," katanya.

Alex menambahkan, para petani di Kabupaten Cirebon telah diimbau, untuk menggunakan varietas padi yang lebih tahan kekeringan yang direkomendasikan oleh Kementerian Pertanian. Dengan berbagai upaya tersebut, pihaknya berharap dampak kekeringan di tahun 2024 dapat diminimalisir, sehingga tidak mengganggu produktivitas sektor pertanian di Kabupaten Cirebon.

"Kami optimistis, dengan kerja sama semua pihak, sektor pertanian di Cirebon akan mampu bertahan dan terus berkembang meski dihadapkan pada tantangan perubahan iklim," katanya.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement