Senin 02 Sep 2024 17:57 WIB

Universitas Panca Sakti Ajak Siswa Belajar Bahasa Inggris Sambil Bermain Celentung

Belajar bahasa Inggris dengan alat musik merupakan pembelajaran inovatif.

Red: Satria K Yudha
Penyerahan modul pembelajaran celentung “Let’s Learn English by Playing Celentung” oleh Universitas Panca Bakti Bekasi kepada SDN 1 Putrajawa.
Foto: Univ Panca Sakti
Penyerahan modul pembelajaran celentung “Let’s Learn English by Playing Celentung” oleh Universitas Panca Bakti Bekasi kepada SDN 1 Putrajawa.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Panca Sakti Bekasi memiliki cara unik dalam melatih para pelajar meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Tim PKM menggunakan alat musik dalam proses pembelajaran.

Hal itu dilakukan tim PKM Panca Sakti Bekasi saat melakukan kegiatan PKM di SDN 1 Putrajawa, Desa Putrajawa, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tim PKM yang dipimpin Dr. Leroy Holman Siahaan, meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris para siswa–siswi dengan memanfaatkan potensi budaya lokal, yakni alat musik Celentung.

Kegiatan PKM ini merupakan kolaborasi Tim PKM yang terdiri atas dosen dan  mahasiswa yang bekerja sama dengan BUMDESMA Kahiji Kecamatan Selaawi yang diketuai oleh Ahmad Jalaludin,m dan pihak sanggar Celentung yang membantu Tim PKM Universitas Panca Sakti Bekasi dalam melatih siswa–siswi mengaplikasikan Bahasa Inggris ke dalam penggunaan alat musik Celentung.

Pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan alat musik Celentung ini dinilai memiliki potensi besar untuk digunakan sebagai instrumen pembelajaran inovatif. “Siswa–siswi SDN 1 Putrajawa diberikan modul pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan berbahasa Inggris” ujar ketua tim PKM, Leroy Holman Siahaan.