Selasa 03 Sep 2024 10:10 WIB

Muhammadiyah Sambut Baik Kedatangan Paus Fransiskus

Paus Fransiskus mengunjungi Indonesia pada hari ini hingga Jumat.

Red: Hasanul Rizqa
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyambut baik kedatangan pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, di Indonesia. Menurut jadwal, tokoh dari Vatikan tersebut akan mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada hari ini pukul 11.00 WIB.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus merupakan kehormatan dan penghormatan bagi bangsa Indonesia. Dalam konteks hubungan antarumat beragama, lawatan ini menunjukkan arti penting RI sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Baca Juga

"Rencana pertemuan Paus Fransiskus dengan kelompok-kelompok agama menunjukkan keterbukaan dalam dialog dan kerjasama antar iman serta memperkenalkan Indonesia kepada dunia sebagai negara yang memiliki kemajemukan serta kerukunan," ujar Haedar Nashir dalam keterangan yang diterima Republika, Selasa (3/9/2024) pagi.

Ia menambahkan, Indonesia sebagai tuan rumah sudah seharusnya menyambut dan menghormati kunjungan Paus Fransiskus. Keramahan dan kesantunan mencerminkan luhurnya budaya dan peradaban negeri ini.

photo
Paus Fransiskus saat mengunjungi Bethlehem (al-Quds), Palestina, pada 25 Mei 2014. - (dok wiki)

Bahas Palestina

Ketum PP Muhammadiyah juga berharap, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat menyampaikan kepada Paus Fransiskus ihwal posisi RI dalam upaya-upaya mewujudkan perdamaian dunia. Termasuk dalam hal ini, besarnya perhatian RI untuk mengakhiri genosida yang dilakukan Israel di Palestina, khususnya Jalur Gaza.

"RI penting menjadikan pertemuan dengan Paus Fransiskus sebagai momentum mengambil prakarsa dan mengembangkan peran perdamaian dunia secara lebih proaktif dalam mencari solusi permanen bagi masa depan Palestina, dengan melibatkan berbagai pihak di tingkat dunia," demikian Haedar Nashir.

Paus Fransiskus melawat di Indonesia pada 3-6 September 2024. Kunjungan sosok yang disebut kaum Katolik sebagai Bapa Suci itu akan mencakup berbagai pertemuan penting hingga misa akbar.

Paus Fransiskus adalah paus ketiga yang mengunjungi Tanah Air. Sebelumnya, ada Paus Yohanes Paulus II dan Paus Paulus VI yang melawat Indonesia masing-masing pada tahun 1989 dan 1970.

Sebelumnya, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyebut kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, ke Indonesia menjadi momentum untuk menyuarakan pesan persatuan antar-umat beragama. Pesan penting itu dinilai untuk kemanusiaan yang lebih baik, persaudaraan sejati, dan kebaikan untuk masyarakat.

"Pesan-pesan itu saya yakin akan disampaikan bukan hanya untuk internal Gereja Katolik, tapi juga inklusif untuk seluruh pihak-pihak yang akan terlibat," kata perwakilan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sekaligus Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus Rm Thomas Ulun Ismoyo dalam gelar wicara daring di Jakarta, Senin (26/8/2024).

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement