Selasa 17 Sep 2024 09:19 WIB

Trump: Retorika Biden dan Harris Penyebab Upaya Pembunuhan Saya!

Trump sudah mengalami dua kali upaya pembunuhan sejak resmi jadi kandidat capres AS.

Red: Mas Alamil Huda
Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump menuding retorika Joe Biden dan Kamala Harris memicu upaya pembunuhan terhadapnya.
Foto: EPA-EFE/ALLISON DINNER
Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump menuding retorika Joe Biden dan Kamala Harris memicu upaya pembunuhan terhadapnya.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) dan calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, menuding, Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris adalah penyebab utama percobaan pembunuhan terhadapnya. Menurut Trump, retorika Biden dan Harris memicu orang membencinya.

Trump menyebut bahwa bahasa yang digunakan lawan-lawan politiknya dari Partai Demokrat menyebabkan dirinya menjadi korban dari dua kali upaya pembunuhan, termasuk yang diduga dilakukan oleh Ryan Routh pada Ahad (15/9/2024). "Dia (Routh) mempercayai retorika Biden dan Harris sehingga dia melakukannya," kata Trump dalam wawancara dengan Fox News pada Senin (16/9/2024).

Baca Juga

"Retorika mereka menyebabkan saya ditembak, padahal saya adalah orang yang akan menyelamatkan negara, sedangkan mereka adalah orang-orang yang menghancurkan negara--baik dari dalam maupun luar," tambahnya.

Percobaan pembunuhan kedua terhadap Trump terjadi pada Ahad di Trump International Golf Club di West Palm Beach, Florida, ketika mantan presiden itu sedang bermain golf. Polisi mengatakan, agen personel Dinas Rahasia AS melepaskan tembakan ke seorang pria bersenjata yang bersembunyi di semak-semak, dekat properti golf milik Trump.