Senin 23 Sep 2024 09:13 WIB

Menlu Iran Bertemu dengan Pangeran Saudi di AS, Apa yang Dibahas?

Kedua diplomat tinggi itu juga membahas seputar perkembangan terbaru di jalur Gaza.

Red: A.Syalaby Ichsan
Pertemuan Menlu Iran dengan Menlu Arab Saudi di New York, Ahad lalu.
Foto: Tangkapan layar IRNA
Pertemuan Menlu Iran dengan Menlu Arab Saudi di New York, Ahad lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK CITY — Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi pada Ahad (22/9/2024) di sela-sela sidang ke-79 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat.

Kedua menteri membahas hubungan antara kedua negara dan bagaimana mereka akan meningkatkannya di berbagai bidang dan tentang kelanjutan koordinasi dan konsultasi antara kedua negara untuk memantau kemajuan hubungan mereka. Kedua diplomat tinggi itu juga membahas seputar perkembangan terbaru di jalur Gaza.

Baca Juga

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan tetap Arab Saudi untuk PBB Abdulaziz Al-Wasil, Direktur Jenderal Kantor Menteri Luar Negeri Abdulrahman Al-Dawood, dan penasihat Menteri Luar Negeri Mohammed Al-Yahya.

Setelah pertemuan dengan Pangeran Faisal, Araghchi juga melakukan pertemuan diplomatik dengan beberapa koleganya seperti Abdallah Rashid Bou Habib (Lebanon), Bakhtiyor Saldov (Uzbekistan), Ivan Kondov (Bulgaria). Araghchi tiba di New York pada Jumat malam. Ia telah bertemu dengan sejumlah pejabat PBB serta menteri luar negeri dari beberapa negara lainnya termasuk Bahrain, Kuwait, dan Kuba.