Senin 23 Sep 2024 20:40 WIB

Kisah-Kisah Ular yang Diabadikan dalam Alquran

Alquran mengabadikan kisah-kisah ular.

Red: Muhammad Hafil
Ular masuk ke hotel (ilustrasi). Tamu menemukan banyak ular ketika menginap di hotel.
Foto: Dok www.freepik.com
Ular masuk ke hotel (ilustrasi). Tamu menemukan banyak ular ketika menginap di hotel.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIF -- Kisah-kisah ular diabadikan dalam Alquran. Kebanyakan ayat-ayat tersebut berkaitan dengan kisah mukjizat yang dianugerahkan Allah kepada Nabi Musa. Dalam ayat Alquran digambarkan apa yang terjadi saat pertemuan antara Nabi Musa dan Firaun.

"Dan Musa berkata, “Wahai Fir'aun! Sungguh, aku adalah seorang utusan dari Tuhan seluruh alam, aku wajib mengatakan yang sebenarnya tentang Allah. Sungguh, aku datang kepadamu dengan membawa bukti yang nyata dari Tuhanmu, maka lepaskanlah Bani Israil (pergi) bersamaku.” Dia (Fir'aun) menjawab, “Jika benar engkau membawa sesuatu bukti, maka tunjukkanlah, kalau kamu termasuk orang-orang yang benar.” Lalu (Musa) melemparkan tongkatnya, tiba-tiba tongkat itu menjadi ular besar yang sebenarnya." (al-A'raf :104-107)

Baca Juga

Ular disebut tsu‘ban, hayyan, dan jan. Dalam cerita Nabi Musa dikisahkan bahwa tongkat yang ia lemparkan berubah menjadi seekor ular yang merayap (hayyatun

tas‘a) (Toha: 20). Di tempat lain disebutkan tongkat itu bergerak- gerak laksana seekor ular yang gesit (ka'annaha jan) (al-Qasas: 31).