Selasa 24 Sep 2024 17:02 WIB

LSI Nilai Kepemimpinan Jokowi Berhasil

Rapor Jokowi disebut tiga biru, dua netral, satu merah.

Red: Joko Sadewo
Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, saat memaparkan hasil penilaian lembaganya terhadap kinerja 10 tahun Jokowi.
Foto: istimewa/doc humas
Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, saat memaparkan hasil penilaian lembaganya terhadap kinerja 10 tahun Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — LSI Denny JA menyimpulkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 10 tahun ini adalah berhasil. Penilaian ini berdasarkan riset dan data yang diberikan oleh lembaga internasional kredibel.

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, mengatakan dari tujuh parameter yang digunakan, sebanyak tiga dinilai rapor biru, tiga rapor netral, dan satu raport merah. “Secara menyeluruh: Selama 10 tahun memerintah, Jokowi lebih banyak berhasil, terutama dalam menciptakan fondasi yang kuat untuk pertumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial di masa depan,” kata Ardian, saat pemaparan hasil penilaian LSI Denny JA, Selasa (24/9/2024).

Dalam siaran pers LSI Denny JA disebutkan, untuk menilai apakah Indonesia mengalami kemajuan atau kemunduran di bawah kepemimpinan Jokowi, kata Ardian, digunakan menggunakan enam indeks dan satu indikator dunia kredibel, yang mengevaluasi berbagai aspek penting dari negara.

“Indeks dan indikator  dunia ini dibuat oleh lembaga yang kredibel seperti World Bank, The Heritage Foundation, Social Progress Imperative, Transperency International, hingga lembaga PBB (SDSN dan Gallup Poll),” ungkap Ardian. Hal yang dinilai juga komprehensif, meliputi Ekonomi, Politik, Hukum dan Sosial.