Rabu 25 Sep 2024 10:28 WIB

IAPI Bersama Telkom University Dorong Lahirnya Kepemimpinan Muda

Hendang menekankan pentingnya peran generasi muda.

Red: Ahmad Fikri Noor
Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dengan bangga menyelenggarakan CPA Days 2024, sebuah ajang tingkat nasional untuk mencetak akuntan publik berkualitas di seluruh Indonesia.
Foto: IAPI
Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dengan bangga menyelenggarakan CPA Days 2024, sebuah ajang tingkat nasional untuk mencetak akuntan publik berkualitas di seluruh Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dengan bangga menyelenggarakan CPA Days 2024, sebuah ajang tingkat nasional untuk mencetak akuntan publik berkualitas di seluruh Indonesia. Mengusung tema "Youth Leadership for Sustainability in Auditing and Accounting", acara ini digelar pada 24-25 September 2024 di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University, Bandung.

Ketua Umum IAPI, Hendang Tanusdjaja, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran generasi muda terutama mahasiswa akuntansi dan audit dalam membentuk masa depan profesi ini. “Sebagai penerus profesi akuntan dan akuntan publik, generasi muda diharapkan dapat memiliki wawasan lebih tentang pentingnya Pelaporan Keberlanjutan dan bagaimana profesi akuntan dan akuntan publik dapat berkontribusi dalam mendukung keberlanjutan global,” ujarnya.

Baca Juga

Sustainability reporting telah menjadi isu krusial di Indonesia, seiring dengan meningkatnya tuntutan terhadap perusahaan untuk memberikan informasi yang transparan mengenai dampak sosial, lingkungan, dan tata kelola perusahaan. Dari perspektif akuntansi dan audit, sustainability reporting memerlukan keahlian khusus untuk memastikan informasi yang disajikan dapat diandalkan dan sesuai dengan standar yang berlaku. Dalam konteks ini, akuntan publik tidak hanya melakukan verifikasi laporan keuangan, tetapi juga berperan dalam menilai dan memberikan jasa asurans terhadap kelayakan dan transparansi laporan keberlanjutan.

"CPA Days 2024 diharapkan dapat memperkuat kapasitas mahasiswa dalam kompetensi akademis dan non-akademis serta mendorong mereka untuk menjadi akuntan dan auditor yang tidak hanya unggul dalam keahlian teknis, tetapi juga memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya keberlanjutan dalam praktik profesional mereka sehingga dapat memperkuat peran dan kontribusi generasi muda dalam membangun masa depan yang lebih baik,” lanjut Hendang.