REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sejumlah puasa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan umat Islam. Namun, Nabi Muhammad SAW melarang berpuasa pada hari Sabtu jika tidak diikuti hari berikutnya atau melanjutkan pada hari sebelumnya.
Dalam hadits riwayat tirdmizi dijelaskan sebagai berikut.
Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian berpuasa hanya pada hari Sabtu kecuali jika Allah mewajibkan berpuasa pada hari tersebut, jika pada hari itu kalian tidak mendapati kecuali sebutir anggur atau sebatang pohon, maka kunyahlah ia."
Abu 'Isa berkata, ini merupakan hadis hasan.
Maksud dimakruhkannya puasa pada hari sabtu adalah jika seseorang mengkhususkan puasa pada hari sabtu. Sebab, orang-orang Yahudi mengagungkan hari Sabtu.
Hal ini karena hari Sabtu merupakan hari perayaan umat Yahudi. Dan Rasulullah melarang umat Islam untuk menyerupai umat agama lain. Namun jika tetap melaksanakannya maka berpuasa di hari Sabtu ini hukumnya makruh.
Terdapat hari yang juga dimakruhkan jika berpuasa hanya satu hari yakni hari Jumat. Sama seperti puasa di hari Sabtu, Nabi juga memerintahkan untuk berpuasa satu sebelumnya atau setelahnya jika akan berpuasa di hari Jumat.
Dalam hadits diriwayatkan oleh Tirmidzi,
حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَصُومُ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ إِلَّا أَنْ يَصُومَ قَبْلَهُ أَوْ يَصُومَ بَعْدَهُ
قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ عَلِيٍّ وَجَابِرٍ وَجُنَادَةَ الْأَزْدِيِّ وَجُوَيْرِيَةَ وَأَنَسٍ وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ يَكْرَهُونَ لِلرَّجُلِ أَنْ يَخْتَصَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ لَا يَصُومُ قَبْلَهُ وَلَا بَعْدَهُ وَبِهِ يَقُولُ أَحْمَدُ وَإِسْحَقُ
Telah menceritakan kepada kami Hanand telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah dari Al A'masy dari Abu Shalih dari Abu Hurairah dia berkata Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda: " Janganlah kalian berpuasa pada hari Jum'at kecuali jika ia berpuasa sehari sebelum atau sesudahnya." Dari Ali, Jabir, Junadah Al Azdi, Juwairiyah, Anas dan Abdullah bin Amr. Abu 'Isa berkata, hadits Abu Hurairah adalah hadits hasan shahih dan diamalkan oleh para ulama, mereka membenci orang yang berpuasa pada hari Jum'at dengan tidak berpuasa sehari sebelum dan sesudahnya, hal ini merupakan pendapat Ahmad dan Ishaq.