Selasa 01 Oct 2024 12:30 WIB

Knalpot Bising Ganggu Ketertiban Berlalu Lintas

Polisi Cianjur amankan 1.000 knalpot bising hasil operasi rutin.

Red: Erdy Nasrul
Polisi memperlihatkan barang bukti knalpot bising hasil penertiban knalpot bising di Makopolres Ciamis, Jawa Barat, Senin (5/2/2024). Dalam dua pekan terakhir Satlantas Polres Ciamis mengamankan 70 sepeda motor knalpot bising dan 400 knalpot yang tidak sesuai spesifikasi.
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Polisi memperlihatkan barang bukti knalpot bising hasil penertiban knalpot bising di Makopolres Ciamis, Jawa Barat, Senin (5/2/2024). Dalam dua pekan terakhir Satlantas Polres Ciamis mengamankan 70 sepeda motor knalpot bising dan 400 knalpot yang tidak sesuai spesifikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Kepolisian Resort Cianjur, Jawa Barat, mengamankan sekitar 1.000 lebih knalpot bising dan 642 botol minuman keras berbagai merek hasil operasi rutin dalam dua pekan terakhir.

Kapolres Cianjur AKBP Rohman Yongky Dilatha di Cianjur, Senin, mengatakan masih tingginya angka penggunaan knalpot bising dan peredaran minuman keras di Cianjur, membuat pihaknya menggencarkan operasi yang melibatkan jajaran Polsek mulai dari utara hingga selatan.

Baca Juga

"Kami juga melibatkan masyarakat dalam pelaporan terkait masih maraknya penggunaan knalpot bising di lingkungan tempat tinggalnya, termasuk peredaran minuman keras dengan modus kios berkedok depot jamu, untuk dilakukan tindakan," katanya.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga melakukan operasi secara acak di sejumlah titik yang masih dilaporkan banyaknya kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot bukan standar pabrik.

Sedangkan bagi pengendara yang masih kedapatan menggunakan knalpot bising dilakukan tindakan tegas tilang hingga penahanan kendaraan sebelum pemilik mengganti dengan knalpot standar.

"Sedangkan bagi penjual minuman keras, kami minta membuat pernyataan tidak akan kembali berjualan dengan sanksi selanjutnya hukuman tegas. Kegiatan ini akan terus dilakukan sampai Cianjur bebas dari knalpot bising dan penyakit masyarakat lainnya," kata Rohman.

Pihaknya mengimbau bagi warga yang mendapati kegiatan mencurigakan di lingkungan tempat tinggal-nya masing-masing termasuk maraknya knalpot bising dapat melapor ke Polsek atau langsung ke Polres Cianjur guna dilakukan tindakan. "Tidak akan pernah berhenti untuk melakukan upaya yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas tentunya kami bersinergi dengan Pemerintah Daerah, TNI serta masyarakat untuk terus melakukan upaya pencegahan," katanya.

Dia menambahkan, masyarakat juga diminta untuk meningkatkan pengamanan lingkungan dari penyakit masyarakat dan gangguan keamanan lainnya termasuk menekan peredaran narkoba, obat terlarang dan tindak kriminal lainnya.  

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ اِلَّا الَّذِيْنَ اُوْتُوْهُ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ بَغْيًا ۢ بَيْنَهُمْ ۚ فَهَدَى اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِاِذْنِهٖ ۗ وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.

(QS. Al-Baqarah ayat 213)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement