Selasa 01 Oct 2024 19:23 WIB

Permintaan EV Melemah, CEO Produsen Otomotif Berpidato di Hadapan Parlemen Italia

Setiap negara memiliki kebijakan berbeda tentang insentif EV.

Red: Firkah fansuri
Mobil listrik Fiat 500 dipajang di ruang pamer dealer mobil di Roma, Italia, 9 November 2023.
Foto: REUTERS
Mobil listrik Fiat 500 dipajang di ruang pamer dealer mobil di Roma, Italia, 9 November 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,MILAN- CEO Stellantis Carlos Tavares akan berpidato di hadapan parlemen Italia komite parlemen pekan depan mengenai prospek produksi mobil di Italia, kata perusahaan itu pada Selasa (1/10), setelah memperingatkan tentang permintaan yang buruk untuk kendaraan listrik (EV).

Sidang dengar pendapat akan berlangsung pada 11 Oktober, kata Stellantis dalam sebuah pernyataan, setelah mengumumkan telah memperpanjang penangguhan produksi mobil kota listrik Fiat 500 hingga 1 November karena pesanan yang lemah.

Mobil itu dibuat di pabrik bersejarah Stellantis Mirafiori di Turin, Italia utara. Perusahaan itu sebelumnya mengatakan produksi model itu telah dihentikan hingga 11 Oktober.

Tavares akan dapat "memberikan gambaran paling lengkap tentang produksi otomotif grup di Italia," kata pernyataan itu. "Situasi internasional dan Eropa yang kompleks dari sektor otomotif membutuhkan respons yang cepat," tambahnya.

Perlambatan global dalam penjualan kendaraan listrik (EV), sebagian karena kebijakan yang berbeda tentang insentif hijau, telah memaksa para produsen mobil di seluruh dunia untuk menyesuaikan rencana EV mereka.

Dalam pernyataan sebelumnya pada hari Selasa, Stellantis mengatakan telah memberi tahu serikat pekerja bahwa pasar mobil listrik di Eropa "dalam masalah besar." Meskipun produksi dihentikan sementara, Stellantis menegaskan kembali rencananya untuk menginvestasikan 100 juta euro (110,93 juta dolar AS) pada Fiat 500e dengan baterai berkinerja tinggi, sementara mulai awal 2026 akan mulai memproduksi 500 Hybrid baru.

Tesla diperkirakan akan melaporkan lonjakan 8 persen dalam pengiriman kendaraan listriknya pada kuartal ketiga pada hari Rabu. Itu menurut perkiraan Wall Street. 00:08 01:26 Awal tahun ini Italia meluncurkan rencana senilai 1 miliar dolar AS untuk membantu pengemudi beralih ke kendaraan yang lebih bersih, dengan subsidi untuk pembelian mobil listrik sepenuhnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement