Kamis 03 Oct 2024 14:31 WIB

Akmal Surya Saputra Wakili Universitas BSI di Polandia, Raih Beasiswa IISMA 2024

Akmal menjalani minggu pertama perkuliahan dengan penuh antusias.

Red: Ahmad Fikri Noor
Akmal Surya Saputra, mahasiswa semester 7 Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), berhasil mengharumkan nama kampus dengan meraih beasiswa Co-Funding dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024.
Foto: Universitas BSI
Akmal Surya Saputra, mahasiswa semester 7 Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), berhasil mengharumkan nama kampus dengan meraih beasiswa Co-Funding dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, POLANDIA -- Akmal Surya Saputra, mahasiswa semester 7 Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), berhasil mengharumkan nama kampus dengan meraih beasiswa Co-Funding dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024. Berkat beasiswa ini, Akmal berkesempatan menempuh pendidikan selama satu semester di University of Warsaw, Polandia.

Sebagai mahasiswa internasional, Akmal menjalani minggu pertama perkuliahan dengan penuh antusias. Ia bercerita, minggu pertama menjalani perkuliahan di University of Warsaw sangat berwawasan. Banyak informasi dan tips yang diberikan oleh dosen serta mahasiswa senior yang membantu dirinya selama disana.

Baca Juga

"Saya bahkan berkesempatan mengikuti kuliah yang dibawakan oleh mantan Duta Besar Polandia untuk Indonesia. Ini memberikan saya perspektif yang sangat luas tentang hubungan strategis antara Uni Eropa dan Asia Tenggara," ujar Akmal.

Akmal juga menyampaikan bahwa ia tidak hanya mempelajari ilmu akademik, tetapi juga mengenal lebih dalam tentang budaya dan sejarah Polandia, serta dasar-dasar bahasa Polandia. Hal ini sangat penting bagi Akmal dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan di Polandia. Salah satu mata kuliah yang sangat menarik baginya adalah EU-South East Asia Relations: Historical and Global Strategic Context, yang relevan dengan minat akademiknya.

Di sela-sela perkuliahan, Akmal memanfaatkan waktu luangnya untuk menjelajahi kampus University of Warsaw. "Hari Sabtu yang berangin ini saya berdiri di depan University of Warsaw, dengan bangga membawa semangat dari Universitas BSI. Cuaca mungkin dingin, tapi semangat saya tetap berkobar untuk menjalani pengalaman luar biasa ini," kata Akmal dengan penuh semangat.

Sebagai penerima beasiswa IISMA Co-Funding, Akmal juga memiliki tugas mulia untuk mempromosikan budaya Indonesia di Polandia. Selain tugas akademik, ia berencana untuk memperluas jejaring internasional dan menjalin hubungan dengan mahasiswa dari berbagai negara.

"Ini adalah pengalaman yang luar biasa, dan saya berharap bisa membawa harum nama Universitas BSI dan Indonesia di kancah internasional," tutupnya.

Keberhasilan Akmal dalam meraih beasiswa IISMA 2024 ini tidak hanya menjadi prestasi pribadi, tetapi juga kebanggaan bagi Universitas BSI. Dengan semangatnya, Akmal Surya Saputra membuktikan bahwa mahasiswa Indonesia mampu bersaing di dunia global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement