Senin 07 Oct 2024 16:58 WIB

Setahun Genosida, Ini Daftar Panjang Kejahatan Tentara Israel

Tentara Israel mendokumentasikan sendiri kejahatan perang mereka..

Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA Sejak awal serangan keji Israel ke Jalur Gaza, banyak prajurit tentara penjajahan Israel mendokumentasikan sendiri kejahatan perang mereka di wilayah tersebut. Berikut sebagian diantaranya.

Pembunuhan Warga Sipil 

Baca Juga

Tentara Israel diketahui menyasar warga sipil nonkombatan. Sejumlah dokter AS bersaksi, anak-anak syahid dengan tembakan mematikan. Ini melanggar Statuta Roma Artikel 8 Huruf b (xvi)

Pencurian dan perampokan

Tentara Israel kerap mengunggah pencurian yang mereka lakukan di rumah-rumah warga Gaza. Mulai dari uang hingga perhiasan mereka ambil. Ini melanggar Statuta Roma Artikel 8 Huruf b (xvi)

Pelecehan Simbol Agama

Tentara Israel terekam berulang kali melecehkan simbol agama. Mulai dari mengebom masjid dan gereja, membakar Alquran, hingga vandalisme di masjid. Ini melanggar Statuta Roma Artikel 8 huruf B (ix)

Perisai Manusia

Pasukan Israel berulang kali menjadikan warga Palestina tameng hidup, bahkan sekali waktu mengikat tahanan di kap mobil di Tepi Barat. Ini melanggar Statuta Roma Artikel 8 huruf A (v)

Penyiksaan dan Pemerkosaan

Tentara Israel secara brutal menyiksa warga Palestina, utamanya di kamp Sde Teiman, tempat sejumlah tahanan diperkosa dengan kejam. Ini melanggar Statuta Roma Artikel 8 huruf A (ii)

Menyebabkan Kelaparan Tentara Israel memblokade pasokan makanan, menyerang konvoi bantuan, bahkan menembaki pengantre makanan. Hal ini menyebabkan kelaparan akut di Gaza. Ini melanggar Statuta Roma Artikel 8 huruf B (xxv)

Penghancuran Fasilitas Umum

Tentara Israel berulang kali menghancurkan bangunan nonmiliter seperti rumah warga, sekolah, dan rumah sakit. Ini melanggar Statuta Roma Artikel 8 huruf a (iv)

Pelecehan Jenazah

Tentara Israel terekam membuldoser jenazah-jenazah di Gaza, serta menendang jatuh dari atap jenazah di Tepi Barat. Ini melanggar Statuta Roma Artikel 8 huruf B (xxi)

Sumber: Pusat Data Republika

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement