Selasa 08 Oct 2024 10:37 WIB

Dorong Inovasi Kewirausahaan Digital, Cyber University Berkolaborasi dengan UTM

Kolaborasi juga menargetkan untuk mencetak generasi wirausaha digital.

Red: Friska Yolandha
Cyber University terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong inovasi dan kewirausahaan digital melalui kolaborasi strategis dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM).
Foto: Dok Republika
Cyber University terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong inovasi dan kewirausahaan digital melalui kolaborasi strategis dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Siber Indonesia atau yang dikenal dengan Cyber University terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong inovasi dan kewirausahaan digital melalui kolaborasi strategis dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Kolaborasi tersebut telah ditandatangani oleh kedua belah pihak di Gedung UTM, Malaysia pada hari Rabu (25/9) lalu. 

Kerja sama ini dilakukan dengan tujuan menggabungkan keunggulan teknologi dan pendidikan dari kedua institusi untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan inovasi digital, terutama di era industri 4.0.

Baca Juga

Rektor Cyber University, Gunawan Witjaksono, mengungkapkan harapannya bahwa kolaborasi ini akan mempercepat adaptasi teknologi terkini, seperti kecerdasan buatan (AI), big data, dan blockchain, dalam dunia bisnis. Dengan berbagai program pelatihan, bimbingan, serta kesempatan untuk terlibat dalam proyek riset bersama, mahasiswa akan memiliki akses yang lebih baik untuk mengembangkan solusi digital yang relevan.

Kolaborasi ini juga menargetkan untuk mencetak generasi wirausaha digital yang mampu bersaing di kancah global. Beberapa inisiatif yang direncanakan antara lain program pertukaran mahasiswa, seminar bersama, dan program akselerasi bisnis. Inisiatif ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam mengembangkan ide bisnis berbasis teknologi.

"Melalui sinergi ini, diharapkan inovasi yang lahir dari kolaborasi lintas negara ini dapat berkontribusi pada pembangunan ekonomi digital yang berkelanjutan, sekaligus memperkuat posisi kedua institusi sebagai pusat unggulan dalam pendidikan digital di Asia Tenggara," ujar Gunawan dalam rilis yang diterima, Selasa (8/10/2024).

Dengan langkah tersebut, Cyber University dan UTM berharap dapat menciptakan lingkungan yang mendorong kreativitas dan inovasi di kalangan mahasiswa, serta mengembangkan solusi yang dapat menjawab tantangan di dunia digital saat ini.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ مَنْ يَّرْزُقُكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ اَمَّنْ يَّمْلِكُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَمَنْ يُّخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُّدَبِّرُ الْاَمْرَۗ فَسَيَقُوْلُوْنَ اللّٰهُ ۚفَقُلْ اَفَلَا تَتَّقُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup, dan siapakah yang mengatur segala urusan?” Maka mereka akan menjawab, “Allah.” Maka katakanlah, “Mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”

(QS. Yunus ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement