Selasa 08 Oct 2024 11:32 WIB

Istri Imran Meratap karena Diberikan Anak Perempuan, Maryam Perlihatkan Keajaiban

Keluarga Imran merupakan keluarga yang sangat mulia.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Tangan bayi (Ilustrasi)
Foto: Dok. Freepik
Tangan bayi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam Alquran, keluarga Imran adalah keluarga yang sangat mulia dan disebutkan secara khusus dalam surat Ali Imran, yang artinya "Keluarga Imran". Keluarga ini diberi kehormatan karena ketakwaan dan peran penting mereka dalam sejarah keagamaan, khususnya dalam Islam. 

Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

۞ اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰىٓ اٰدَمَ وَنُوْحًا وَّاٰلَ اِبْرٰهِيْمَ وَاٰلَ عِمْرٰنَ عَلَى الْعٰلَمِيْنَۙ

 

Artinya: "Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim, dan keluarga Imran atas seluruh alam (manusia pada zamannya masing-masing)." (QS Ali Imran [3]:33)

Imran adalah seorang hamba Allah yang shaleh. Nama keluarganya diabadikan dalam Alquran melalui putrinya, Maryam, yang merupakan ibu dari Nabi Isa. Nama istri Imran tidak disebutkan dalam Alquran.

Kendati demikian, tradisi Islam mengidentifikasi istri Imran sebagai Hana binti Faqudz. Dia adalah ibu dari Maryam yang dikenal sebagai perempuan salihah pada masanya. 

Dia pun berdoa kepada Allah untuk diberikan seorang anak dan bernazar jika dia dikaruniai anak, maka anak itu akan diserahkan sepenuhnya untuk beribadah kepada Allah di Baitul Maqdis. Doanya pun dikabulkan, dan lahirlah Maryam.

Seperti difirmankan dalam Alquran: 

 

اِذْ قَالَتِ امْرَاَتُ عِمْرٰنَ رَبِّ اِنِّيْ نَذَرْتُ لَكَ مَا فِيْ بَطْنِيْ مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ ۚ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Artinya: "(Ingatlah) ketika istri Imran berkata, “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada-Mu apa yang ada di dalam kandunganku murni untuk-Mu (berkhidmat di Baitulmaqdis). Maka, terimalah (nazar itu) dariku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS Ali Imran [3]: 35).

Pada ayat ini diterangkan mengenai kisah istri Imran yang sedang hamil. Ia menazarkan anak yang masih dalam kandungannya untuk dijadikan pelayan yang selalu berkhidmat dan beribadah di Baitulmakdis. Dia tidak akan membebani sesuatu pada anaknya nanti, karena anak itu semata-mata telah diikhlaskan untuk mengabdi di sana.

Pada akhir ayat 34 juga telah dijelaskan bahwa Allah mendengar apa yang diucapkan oleh istri Imran, mengetahui niat yang suci, dan mendengar pujiannya kepada Allah ketika ia bermunajat. Hal-hal inilah yang menyebabkan doanya terkabul, dan harapannya terpenuhi sebagai karunia dan kebaikan dari Allah.

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هَلْ يَنْظُرُوْنَ اِلَّا تَأْوِيْلَهٗۗ يَوْمَ يَأْتِيْ تَأْوِيْلُهٗ يَقُوْلُ الَّذِيْنَ نَسُوْهُ مِنْ قَبْلُ قَدْ جَاۤءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّۚ فَهَلْ لَّنَا مِنْ شُفَعَاۤءَ فَيَشْفَعُوْا لَنَآ اَوْ نُرَدُّ فَنَعْمَلَ غَيْرَ الَّذِيْ كُنَّا نَعْمَلُۗ قَدْ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ وَضَلَّ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَفْتَرُوْنَ ࣖ
Tidakkah mereka hanya menanti-nanti bukti kebenaran (Al-Qur'an) itu. Pada hari bukti kebenaran itu tiba, orang-orang yang sebelum itu mengabaikannya berkata, “Sungguh, rasul-rasul Tuhan kami telah datang membawa kebenaran. Maka adakah pemberi syafaat bagi kami yang akan memberikan pertolongan kepada kami atau agar kami dikembalikan (ke dunia) sehingga kami akan beramal tidak seperti perbuatan yang pernah kami lakukan dahulu?” Mereka sebenarnya telah merugikan dirinya sendiri dan apa yang mereka ada-adakan dahulu telah hilang lenyap dari mereka.

(QS. Al-A'raf ayat 53)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement