Kamis 17 Oct 2024 13:21 WIB

Merdeka Belajar Dinilai Lemahkan Keterampilan Berpikir, Perlukah Abdul Mu'ti Menggantinya?

Merdeka Belajar dinilai malah mengurangi kemampuan siswa dalam berpikir dan bersikap.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Mas Alamil Huda
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-21: Dana Abadi Perguruan Tinggi, di Jakarta, Senin (27/6/2022).
Foto: Dok. BKHM Kemendikbudristek
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-21: Dana Abadi Perguruan Tinggi, di Jakarta, Senin (27/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) memandang konsep Merdeka Belajar yang digagas Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim layak dievaluasi. FSGI menilai ada kelemahan Merdeka Belajar yang patut jadi perhatian.

Sekjen FSGI Heru Purnomo mengungkapkan, Merdeka Belajar memang mempunyai kelebihannya tersendiri. Salah satunya kebijakan tersebut memudahkan guru. "Pendidikan di Indonesia pada saat era Mas Nadiem ini bisa dikatakan penggunaan platform Merdeka Belajar itu memudahkan banyak guru dengan digitalisasi," kata Heru saat dikonfirmasi pada Kamis (17/10/2024).

Baca Juga

Walau demikian, Heru mengamati adanya kekurangan dalam Merdeka Belajar. Heru menyayangkan Merdeka Belajar malah mengurangi kemampuan siswa dalam berpikir dan bersikap. "Kelemahannya (merdeka belajar) untuk menumbuhkan keterampilan berpikir dan bersikap bagi peserta didik itu mengalami penurunan," ujar Heru.

Heru merujuk pada skor Programme for International Student Assessment (PISA) Indonesia yang malah anjlok. PISA merupakan tes di tingkat dunia yang dipakai guna menilai dan mengevaluasi kemampuan siswa berusia 15 tahun dalam membaca, matematika, dan sains.

 

Tercatat, data skor PISA Indonesia pada 2022 ternyata masih di bawah rata-rata global yang tergabung dalam Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Adapun rata-rata skor matematika siswa Indonesia bernilai 366 poin, padahal rata-rata OECD adalah 472 poin.

Terkait kemampuan membaca, skor rata-rata siswa Indonesia adalah 359 poin, lalu rata-rata OECD adalah 476 poin. Mengenai kemampuan sains, skor siswa Indonesia rata-rata 383 poin, tertinggal dengan rata-rata OECD sebesar 485 poin.

"Ketika anak Indonesia di bawah kementerian saat ini atau di bawah Menteri Pak Nadiem mengalami penurunan skor PISA. Ini tentu saja akan berpengaruh ke depan," ujar Heru.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement