Jumat 18 Oct 2024 04:47 WIB

Surya Paloh Bertemu Prabowo Bahas Dinamika Aktual Kebangsaan

Ketum Nasdem bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kemenhan.

Rep: Antara/Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Sekjen DPP Partai Nasdem, Hermawi Taslim.
Foto: Republika/Eva Rianti
Sekjen DPP Partai Nasdem, Hermawi Taslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem Hermawi Taslim buka suara terkait pertemuan antara Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh dan Presiden Terpilih sekaligus Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sebatas silaturahmi. Pertemuan keduanya berlangsung di kantor Kemenhan, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024) siang WIB.

Hermawi pun membantah pertemuan itu membahas kabinet. "Silaturahim kebangsaan, membicarakan berbagai dinamika aktual kebangsaan," katanya merujuk pertemuan Surya dan Prabowo saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Dia menerangkan, Surya memanfaatkan pertemuan itu untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada Prabowo yang hari ini merayakan hari lahirnya ke-73 tahun. Surya tiba di Kantor Kemenhan sekitar pukul 14.12 WIB menumpang mobil Lexus hitam berpelat nomor B 1788 ASC.

Tak lama setelah kedatangan Surya, beberapa ketua umum partai politik juga menyambangi Kantor Kemenhan, yang diawali oleh kedatangan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Pelaksana Harian (Plh) Presiden PKS Ahmad Heryawan.

 

Kemudian, saat Ketua Umum DPP Golkar Bahlil Lahadalia tiba di Kantor Kemenhan RI pukul 14.50 WIB, kendaraan yang ditumpangi Surya keluar dari kompleks Kantor Kemenhan. Kepulangan Surya kemudian diikuti dengan kedatangan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar, dan disusul Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Di dalam Kantor Kemenhan, para ketua umum partai politik itu bersama Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad bertemu selama kurang lebih dua jam. Sekitar pukul 16.00 WIB, para ketua umum partai politik itu bergantian keluar dari gerbang dan meninggalkan Kantor Kemenhan RI. Sebagian besar dari mereka keluar dari gerbang depan yang menghadap Jalan Medan Merdeka Barat.

Sementara Muhaimin keluar dari pintu belakang yang menghadap Jalan Abdul Muis. Hermawi saat ditanya alasan Surya yang meninggalkan Kantor Kemenhan lebih dulu, menjawab atasannya itu datang sebagai tamu, yang jadwal kedatangan telah diatur oleh protokoler Prabowo dan Kemenhan.

Tidak hanya itu, Hermawi juga menyebut Surya Paloh juga bergegas karena dia harus menerima kunjungan beberapa tamunya di Nasdem Tower.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pertemuan Prabowo dan para ketua umum parpol berlangsung tertutup di dalam kantor Kemenhan. Sementara itu, sejumlah wartawan hanya dapat memantau dari luar kantor Kemenhan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement