Rabu 13 Nov 2024 19:24 WIB

ASDP dan KBUMN Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional lewat Bazar UMKM

ASDP secara konsisten mengarahkan dukungannya pada pengembangan dan pemberdayaan UMKM

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
ASDP secara konsisten mengarahkan dukungannya pada pengembangan dan pemberdayaan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional.
Foto: dok Republika
ASDP secara konsisten mengarahkan dukungannya pada pengembangan dan pemberdayaan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, PLN, Jasa Raharja, Pelni, Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney), dan mitra seperti Bank Indonesia serta IFG Group dalam penyelenggaraan Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertajuk Pesona Timur Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Marina Plaza Hotel Meruorah Labuan Bajo, NTT, pada 8-10 November dan akan dilanjutkan di Sarinah, Jakarta, pada 21-24 November 2024 mendatang.

"Bazar ini menjadi ajang strategis untuk memperluas akses pemasaran produk-produk UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang berdampak positif bagi ekonomi nasional," ujar Sekretaris Perusahaan ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (13/11/2024).

Baca Juga

Sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), lanjut Shelvy, ASDP secara konsisten mengarahkan dukungannya pada pengembangan dan pemberdayaan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional. Melalui kolaborasi dengan berbagai BUMN dan institusi terkait, ucap Shelvy; ASDP bertujuan membantu UMKM untuk memperluas akses pasar, meningkatkan kualitas produk, serta memberikan pendampingan di berbagai bidang, mulai dari manajemen usaha hingga legalitas HAKI. 

"Dengan memperkuat UMKM, ASDP turut berperan dalam mendorong ekonomi inklusif dan berkelanjutan," ucapnya. 

Shelvy menyampaikan ASDP juga menginisiasi beragam program pelatihan dan bazar UMKM, termasuk pada kegiatan "Pesona Timur Indonesia." Melalui rangkaian kegiatan ini, Shelvy sampaikan, ASDP ingin membuka peluang bagi pelaku usaha kecil untuk memperkenalkan produk mereka ke pasar yang lebih luas, sekaligus menciptakan kesadaran masyarakat akan potensi produk lokal. 

"Upaya ini merupakan perwujudan misi ASDP dalam mendukung kesejahteraan masyarakat di berbagai daerah, khususnya di wilayah Timur Indonesia yang kaya akan produk dan budaya unik," sambung Shelvy. 

Shelvy menyebut program ini sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI). Shelvy mengajak masyarakat untuk mencintai produk lokal dan menjelajahi keindahan Indonesia. 

"Dengan kekayaan alam, budaya, dan sejarah yang beragam, produk UMKM kita memiliki potensi besar untuk memajukan perekonomian nasional," ucap Shelvy.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement