Rabu 20 Nov 2024 11:07 WIB

Tasya Kamila Bagikan Cerita Sukses Ikut Program Affiliate

Kejujuran sangat penting ketika mempromosikan produk lewat program affiliate.

Dari kiri pengusaha kuliner Najla Bisyir, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, dan artis Tasya Kamila.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Dari kiri pengusaha kuliner Najla Bisyir, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, dan artis Tasya Kamila.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencari penghasilan tambahan melalui program affiliate di e-commerce kini makin diminati. Potensi uang yang dihasilkan pasalnya tidak sedikit bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah per orangnya.

Dua konten kreator yaitu artis Tasya Kamila dan pengusaha kuliner Najla Bisyir sudah menjalani peran sebagai affiliate e-commerce. Ditemui di acara Shopee, Selasa (19/11/2024), di Jakarta, Tasya mengaku baru bergabung sebagai affiliate. "Aku suka diajak kerja sama brand, atau ditanya spill bajunya dong. Akhirnya ku putuskan ya sudah join affiliate saja," katanya.

Baca Juga

Menurut Tasya, warganet lebih menyukai unggahan affiliate yang sifatnya Tulus atau tidak memaksakan. "Kalau aku, mereka lebih suka postingan yang tidak hard selling," sambung Tasya.

Ia memberi contoh, produk yang lebih banyak diklik rata-rata dari unggahan gaya keseharian atau OOTD. Selain itu Tasya juga menyelipkan story telling dalam unggahan affiliate-nya. Misalnya ia menceritakan manfaat produk, keunikannya.

Tasya juga berusaha bertanggung jawab terhadap apa yang dijualnya. "Saya cobain dulu, sebelum rekomendasi. Ini tanggung jawab moral saya," kata Tasya.

Ia memastikan produk yang dilampirkan tautannya dikurasi dengan baik olehnya. Tujuannya supaya pengikutnya juga percaya dengan apa yang terlontar dari mulut Tasya.

Sementara Najla Bisyir yang dikenal sebagai pemilik usaha dessert box Bittersweet by Najla mengedepankan kejujuran. "Mau murah juga, kalau bagus ya saya akan jujur bilang bagus," katanya.

Beberapa waktu lalu Najla mengudara di media sosialnya menceritakan dan mendemo produk pencacah atau chopper. Ia mengatakan harganya cukup murah tidak sampai Rp 100 ribu. Ia praktik memotong bumbu dapur menggunakan produk tersebut. Hasilnya nyata dilihat langsung oleh pengikut media sosialnya.

Najla mengatakan produk bagus memang tidak akan berbohong. Ia pun meraih keuntungab sebagai affiliator karena chopper yang dibagikan tautannya itu laris cukup banyak.

Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, Monica Vionna, mengatakan cerita sukses para affiliate sudah banyak ditemukan. "Mulai dari cerita bisa melunasi utangnya, beli rumah, beli mobil, ada yang sampai ratusan juta. Memang affiliate ini jadi peluang baru pendapatan. Biasanya selama rajin, umumnya akan sukses," terang dia.

Monica membagi tips juga untuk mereka yang tertarik menjadi affiliate. Katanya, bisa memulai dari produk-produk yang memang digunakan sendiri sehari-hari. Ia menambahkan, bagi affiliate yang modalnya terbatas bisa juga mengikuti program free sample. Di sini affiliate bisa berkomunikasi dengan pemilik produk untuk menjajal free sample yang umumnya kuotanya terbatas.

"Intinya ada saja caranya, kok, untuk menambah penghasilan lewat cara affiliate," kata dia.

Shopee sudah sembilan tahun hadir di Indonesia. Shopee terus mengikuti perkembangan industri serta perubahan perilaku belanja online pengguna.

Hingga saat ini Shopee terus konsisten dalam mengembangkan inovasi dan memberdayakan seluruh ekosistem lewat fitur interaktif seperti Shopee Live, Shopee Video dan Shopee Affiliate. “Dalam beberapa tahun terakhir, transformasi digital semakin memperlihatkan potensi besar, bersamaan dengan solusi hingga peluang baru yang dihadirkan. Shopee mengintegrasikan berbagai fitur, program dan kampanye, untuk dapat menghadirkan inovasi yang dapat dioptimalkan oleh seluruh ekosistem," tutur Viona.

Pada kampanye 11.11 lalu Shopee melihat penjualan produk dari brand lokal dan UMKM meningkat lebih dari 7,5 kali lipat di Shopee Live dibandingkan hari biasa.

Perkembangan tren dan kemajuan teknologi telah mendorong banyak perubahan. Perubahan ini pun menghadirkan beragam peluang sekaligus tantangan.

Lahirnya inovasi bukan hanya sekadar jawaban atas kebutuhan masyarakat, tetapi juga respons proaktif Shopee. Untuk mewujudkan hal ini, Shopee mengimplementasikan sejumlah fitur inovatif, seperti Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Affiliate Program.

Fitur-fitur ini tidak hanya menawarkan cara-cara baru dalam berbelanja dan berinteraksi. Juga membawa dampak nyata serta solusi yang relevan bagi seluruh ekosistem Shopee, yaitu para pelaku usaha, konsumen, dan konten kreator.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement