REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wardah menghadirkan inovasi di industri kecantikan dengan memperkenalkan Wardah Beauty AI. Ini merupakan teknologi berbasis data yang merekomendasikan warna paling sesuai dengan karakteristik setiap individu.
Dengan lebih dari 200 ribu data dalam database internal yang dikombinasikan dengan riset mendalam dari tim Research & Development, sistem Al ini dilatih untuk mengidentifikasi pola yang dipersonalisasi berdasarkan variasi warna kulit, kondisi kulit, dan preferensi individu. Wardah Decorative Marketing Group Head, Findi Novia Lusintasari, mengatakan kecerdasan buatan (Al) memungkinkan teknologi ini menganalisis berbagai faktor seperti warna kulit dan tone wajah untuk menghadirkan pengalaman kecantikan yang lebih presisi, terintegrasi, dan relevan dalam industri yang terus berkembang.
"Inovasi Wardah Beauty Al lahir dari komitmen mereka untuk menjawab kebutuhan konsumen, terutama dalam menemukan shade complexion yang tepat," kata Findi dalam talkshow Wardah Beauty AI di Jakarta, Jumat (14/2/2025).
Bekerja sama dengan Pixie Lab yang sebagai mitra dalam pengembangan berbagai inovasi, Wardah Beauty Al menghadirkan pengalaman dan solusi inovatif untuk konsumen. Teknologi ini diperkenalkan dalam event Wardah Colourverse yaitu Wardah Al Personal Colour, di mana dengan teknologi Al, pengguna dapat melakukan analisis warna personal secara virtual untuk menentukan fashion dan warna make-up yang paling sesuai dengan tone kulit mereka. Ini membantu dalam memilih foundation, lipstik, dan produk dekoratif lainnya dengan lebih akurat. Wardah Personal Colour Al merupakah yang pertama di Asia Tenggara.
Inovasi lainnya yang dikembangkan oleh tim riset Wardah antara lain Robo Cushion & Perfect Complexion Finder dan Lip Machine. Robo Cushion & Perfect Complexion Finder dapat membantu pengguna menemukan shade cushion yang paling sesuai dengan warna dan kondisi kulit mereka, memastikan hasil riasan yang lebih natural dan flawless.
Lalu Lip Machine dapat membantu konsumen menemukan warna lipstik yang paling sesuai dengan preferensi mereka, sekaligus menganalisis karakteristik wajah dan kulit untuk rekomendasi yang lebih personal dan akurat. "Melalui inovasi ini, Wardah tidak hanya menghadirkan pengalaman kecantikan yang lebih cerdas dan intuitif bagi konsumen, tetapi juga mendorong industri kecantikan di tanah air untuk lebih adaptif dalam mengadopsi teknologi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan yang semakin beragam," kata Findi.