Selasa 25 Feb 2025 17:24 WIB

WhatsApp Buat Fitur Baru, Bantu UMKM Tingkatkan Penjualan Selama Ramadhan

Dengan fitur WhatsApp ini, UMKM diharapkan mampu menjangkau pelanggan lebih banyak.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Logo WhatsApp (ilustrasi). WhatsApp menghadirkan fitur baru menjelang Ramadhan bernama Click to WhatsApp Ads (CTWA). Fitur ini dirancang untuk membantu UMKM meningkatkan transaksi selama Ramadhan.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Logo WhatsApp (ilustrasi). WhatsApp menghadirkan fitur baru menjelang Ramadhan bernama Click to WhatsApp Ads (CTWA). Fitur ini dirancang untuk membantu UMKM meningkatkan transaksi selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan menjadi momen penting bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk meningkatkan penjualan. Menyambut periode ini, WhatsApp menghadirkan fitur terbaru bernama Click to WhatsApp Ads (CTWA) yang dirancang khusus untuk membantu UMKM menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan transaksi selama bulan suci.

Fitur ini memungkinkan pelaku usaha untuk membuat iklan yang terhubung langsung ke akun WhatsApp Business mereka. Dengan begitu, calon pelanggan dapat dengan mudah menghubungi penjual hanya dengan satu klik, memudahkan proses komunikasi dan transaksi.

Baca Juga

Country Marketing Lead Meta Indonesia Winton mengatakan, di Indonesia, sebanyak 87 persen konsumen lebih memilih perpesanan sebagai sarana utama komunikasi dengan bisnis. "Iklan yang mengarahkan ke WhatsApp atau CTWA memungkinkan pemilik usaha berinteraksi dengan orang-orang yang paling tertarik dan kemungkinan besar akan berdiskusi dengan mereka," ujar Winton di Jakarta Selatan pada Rabu (25/2/2025).

Dengan memasang iklan di Instagram dan Facebook, pelaku usaha dapat langsung menghubungkan calon pelanggan ke WhatsApp, memungkinkan komunikasi yang cepat dan responsif. Menurut Winton, hal ini tidak hanya membangun kepercayaan dengan pelanggan, tetapi juga mendorong tingkat konversi secara signifikan dengan memanfaatkan saluran komunikasi yang disukai.

"Hal ini dapat membantu meningkatkan konversi. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk mendorong calon pelanggan mengirim pesan ke bisnis Anda di WhatsApp," ujarnya.

Pemanfaatan CTWA memungkinkan pelaku usaha untuk menarik perhatian, menjawab pertanyaan, mengatasi kekhawatiran, serta menawarkan saran yang dipersonalisasi, yang pada akhirnya membangun kepercayaan dan mengubah pelanggan yang ragu menjadi pembeli setia. Selain itu, CTWA dapat ditempatkan secara strategis di Facebook dan Instagram untuk mendukung berbagai tujuan pelaku usaha, termasuk pengumpulan prospek, penjualan, dan pemasaran.

Winton memaparkan sejumlah tips untuk pemanfaatan CTWA yang lebih efektif. Pertama, perlihatkan visual yang digunakan. Tambahkan elemen visual dan pengalaman chat di dalam konten untuk menunjukkan bahwa iklan ini adalah iklan yang mengarahkan ke pesan. Misalnya penggunaan logo atau penggunaan stiker dan emoji.

Kedua, jelaskan nilai tambah dari produk yang ditawarkan. Bantu audiens mengerti nilai tambah yang ditawarkan, sehingga mereka tahu apa yang harus diharapkan. Seperti, bisnis harus berempati pada pelanggan (problem/solusi), jual dengan jelas (menggugah/memberi pencerahan), gunakan teaser untuk tarik pelanggan (kesempatan/keuntungan).

Ketiga, gunakan call-to-action yang jelas. Ajak audiens untuk memulai chat dengan jelas. Gunakan ajakan untuk bertindak di konten, di-copy post, dan tombol.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement