Kamis 19 Nov 2015 16:37 WIB

Facebook Tambah Fitur Penggalangan Dana

Rep: c07/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Facebook meluncurkan halaman khusus dengan tombol penggalangan dana di lamannya. Tombol donasi tersebut digunakan untuk organisasi nonprofit dalam rangka pengumpulan donasi.

"Dengan halaman khusus tersebut, organisasi non profit dapat mengumpulkan dana bantuan bencana, orang hilang atau untuk kampanye tertentu, baik untuk para pengungsi, pengobatan dan pencegahan malaria atau penyediaan air bersih dan terhadap isu-isu yang mereka pedulikan," dikutip dari Mashable Asia, Kamis (19/11).

Para penggalang dana, diberi kesempatan berinteraktif dengan menceritakan kisah, tujuan atau kampanye mereka melalui halaman Facebooknya. Penggalang dana juga dapat menyebarkan penggalangan dana mereka melalui pilihan berbagi dalam bentuk postingan.

Selain itu, penggalang dana juga dapat menunjukkan berapa dana yang dibutuhkan atau dana yamg sudah terkumpul melalui sebuah bar berwarna biru. Pada halaman penggalangan dana juga disajikan pilihan donasi yang berbeda.

Saat ini, sudah ada tiga organisasi non profit yang menggunakan tombol penggalangan dana yakni, Mercy Corps, National Multiple Sclerosis Society dan World Wildlife Fund.

Sebelumnya, Facebook sudah mengujicobakan bersama 37 nirlaba, termasuk UNICEF dan Water.org. Facebook juga sempat melakukan percobaan fitur ini pada 2013 dan ditujukan juga bagi para lembaga nonprofit.

Naomi Gleit, VP Manajemen Produk Facebook mengatakan, ide tombol penggalangan dana mumcul dari banyak relawan, donor dan aktivis sudah menggunakan Facebook untuk melakukan aksi penggalangan dana. "Kami telah melihat dari komunitas kami bahwa ketika orang mengambil tindakan, kehidupan berubah. Kami tahu kami bisa berbuat lebih banyak untuk mengaktifkan koneksi ini," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement