Ahad 25 Feb 2018 16:23 WIB

Android Message Tambah Fitur Pengganti SMS

Dalam versi terbarunya, aplikasi pesan singkat Google ini menambahkan dua fitur.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri
Android Message Tambah Fitur Pengganti SMS
Foto: Dailymail
Android Message Tambah Fitur Pengganti SMS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google akan merilis layanan yang serupa dengan iMessage dan WhatsApp, aplikasi Android Message. Dalam versi terbarunya, aplikasi pesan singkat Google ini menambahkan dua fitur, termasuk memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks melalui beberapa komputer.

Di samping itu, Google dalam perencanaan untuk menggunakan fitur sendiri yang disebut dengan RCS messaging. Yakni fitur tambahan pesan singkat dengan tambahan gambar dengan resolusi tinggi, tanda telah dibaca dan indikator mengetik, sama seperti iMessage pada iOS.

Google bersiap meluncurkan antarmuka web yang memungkinkan pengguna mengkoneksikan ponsel mereka ke komputer untuk mengirim teks. Sekali lagi, sama seperti WhatsApp dan iMessage. Sebelumnya Google telah memiliki sistem serupa yang disebut Allo, dimana memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan melalui desktop, namun tidak berkembang karena tidak banyak orang menggunakan Allo.

Menurut insinyur software, Cody Tombs jika fitur Android Message diimplementasikan, maka akan berbagi dasar prosedur penyiapan yang sama dengan Allo. "Anda akan dipadu untuk mengunjungi situs web di komputer yang ingin anda pasangkan dengan ponsel, cukup dengan memindai kode QR," papar Tombs seperti dilansir dari laman Daily Mail.

"Dalam sekali, anda dapat mengirim dan menerima pesan dalam antar wajah web dan akan terhubung dengan ponsel untuk melakukan komunikasi SMS/MMS/RCS melalui operator. Sama seperti Allo, anda bisa melihat daftar komputer yang masuk dan memutuskan koneksi dari satu atau semua komputer kapan saja," lanjutnya.

Tombs menuturkan bahwa fitur tersebut dapat digunakan dalam berbagai macam komputer, termasuk laptop dan dekstop. Selain itu, browser utama dapat mendukung fitur tersebut, seperti Chrome, Edge, Firefox, Internet Explorer dan Opera. Pengguna juga akan mendapat notifikasi saat ponsel mereka terhubung dengan desktop.

Fitur kedua adalah Rich Communication Service atau RCS, yang bertujuan mengganti SMS dengan fitur tambahan. Namun adopsi RCS tidak mudah karena bergantung pada jaringan operator. Selain itu, Android Police menemukan kode pada pop up message yang bertuliskan, 'baru! Teks melalui Wi-Fi dan data', sebagai deskripsi RCS.

Ada kemungkinan fitur itu hanya akan tersedia dalam operator jaringan Google, Project Fi. DI sisi lain, bisa saja Google membuat aplikasi perpesanan yang serupa seperti iMessage dan WhatsApp yang kini memiliki fungsi pengganti SMS.

Meski belum tahu kapan akan diluncurkan, namun Android Message akan meluncurkan fitur tersebut. Tentu ini akan sangat menguntungkan Android untuk memperkenalkan fitur tersebut mengingat Android mendominasi sistem operasi di seluruh dunia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَحِلُّ لَكُمْ اَنْ تَرِثُوا النِّسَاۤءَ كَرْهًا ۗ وَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ لِتَذْهَبُوْا بِبَعْضِ مَآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ اِلَّآ اَنْ يَّأْتِيْنَ بِفَاحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ ۚ وَعَاشِرُوْهُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ ۚ فَاِنْ كَرِهْتُمُوْهُنَّ فَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّيَجْعَلَ اللّٰهُ فِيْهِ خَيْرًا كَثِيْرًا
Wahai orang-orang beriman! Tidak halal bagi kamu mewarisi perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, kecuali apabila mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya.

(QS. An-Nisa' ayat 19)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement