Kamis 14 Jun 2012 08:35 WIB

Nokia Berencana Bekali Lumia dengan PureView

Red: Taufik Rachman
Nokia Lumia 800
Nokia Lumia 800

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Nokia berencana membenamkan teknologi PureView ke produk Nokia Lumia.

Rencana ini diungkapkan Chris Webber, President of Nokia USA dan Head of Marketing for North America. PureView, kata Christ, merupakan suatu teknologi yang dikembangkan Nokia bersama dengan Microsoft.

PureView merupakan teknologi baru yang dirilis Nokia. Produk pertama yang mengusung teknologi PureView adalah Nokia 808 PureView. Berkat teknologi ini, Nokia membenamkan kamera 41 mega piksel.

Selain Microsoft, Nokia bersama dengan Carl Zeiss mengembangkan suatu sistem alghoritma pada PureVIew. Sistem ini melahirkan teknik over sampling ini mampu menekan sedemikian rupa jumlah piksel yang dihasilkan dari suatu hasil pemotretan. Super piksel, inilah nama yang dilekatkan untuk sistem penggabungan piksel. Super piksel mampu menggabungkan tujuh piksel menjadi satu piksel untuk gambar yang paling jelas.

Penggabungan piksel inilah yang menjadikan hasil bidikan tidak membutuhkan kapasitas file yang besar. Untuk pemotretan dengan resolusi maksimal--mencapai 38 mega piksel--, hanya membutuhkan file 3 MB. Untuk resolusi yang lebih rendah hanya dibutuhkan file sekitar 1 MB saja.

Sekalipun file yang dibutuhkan relatif kecil,kualitas gambar tidak akan mengalami degradasi yang tinggi sebagaimana banyak dijumpai saat dilakukan kompresi. Kualitas tetap terjaga sekalipun file disimpan dalam ukuran yang relatif kecil.

Dalam dimensi operasional kamera, Nokia 808 PureView menggunakan teknologi lossless zoom, bukan digital zoom atau optical zoom. Hasil pengambilan gambar menggunakan zoom diklaim lebih baik. Karena kamera hanya akan fokus pada gambar yang di zoom saja.

Blur, menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki Nokia 808 PureView. Pada kebanyakan kamera terjadi blur pada latar belakang--dikenal dengan Bokeh. Blur umumnya timbul pada hasil pemotretan di luar fokus atau pengambilan dengan makro. PureView diklaim mampu mengatasi soal bokeh ini, lantaran kameranya memiliki focal length hingga 8.02 milimeter, jauh diatas focal length smartphone berkamera yang berkisar pada angka 4 milimeter.

Video juga mengalami pembaruan. Nokia mengklaim bahwa ponsel ini mampu merekam dan memainkan video HD 1080p. Untuk pengambilan gambar bisa di zoom 4x tanpa mengurangi kualitas gambar. Pengguna bisa menzoom hingga 6x untuk gambar dengan kualitas 720p. Ia didukung dengan Rich Recording yang mampu merekam suara setara dengan kualitas compact disk (CD).

Nokia 808 Pureview juga memiliki kualitas audio terbaik. Ponsel ini mampu mengalirkan suara hingga level 140 db tanpa ada gangguan. Ia menghadirkan musik high fidelity yang akan memanjakan telinga Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement