Kamis 31 Jan 2019 13:02 WIB

12 Fakta Mencengangkan Seputar Alam Semesta, Sudah Tahu?

Dengan pengetahuan saat ini, manusia belum mampu tahu jumlah pasti bintang di langit

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Luar Angkasa
Foto:
Akatsuki, misi pengorbit venus

Logam Bisa Menyatu Permanen

Bila ada dua potong logam berjenis sama bersentuhan di luar angkasa, kedua logam ini akan menyatu secara permanen. Efek ini dikenal sebagai cold welding.

Hal ini terjadi karena atom dari kedua buah logam tak mengetahui bahwa mereka berasal dari dua buah logam berbeda, sehingga atom-atom ini pada akhirnya menyatu. Hal ini tak akan terjadi di Bumi yang memiliki udara dan air.

Udara dan air akan memisahkan potongan-potongan logam meski berjenis sama.

Asteroid Terbesar di Tata Surya Bisa Sebesar India

Asteroid raksasa bernama Ceres ini memiliki diameter hampir 600 mil. Ini merupakan asteroid terbesar di sabuk asteroid yang terletak di antara Mars dan Jupiter. Permukaan Ceres diperkirakan setara dengan area daratan India atau Argentina.

Satu Hari Di Venus Lebih Lama dari Satu Tahun di Bumi

Venus memiliki waktu rotasi yang sangat lambat dibandingkan Bumi. Untuk melakukan rotasi sempurna, Venus membutuhkan waktu yang setara dengan 243 hari di Bumi. Namun, Venus memerlukan waktu yang lebih sedikit dari Bumi untuk mengitari matahari.

Waktu yang dibutuhkan Venus untuk mengelilingi matahari adalah 226 hari waktu Bumi. Akan tetapi, matahari hanya terbit setiap 117 hari Bumi sekali di Venus. Dengan kata lain, matahari hanya terbit dua kali dalam satu tahun di Venus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement